Travel

Wow, 7 Surga Bawah Laut Indonesia Ini Bikin Kagum Dunia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia sudah terkenal sebagai negara yang memiliki kecantikan bawah laut bahkan disebut-sebut bagaikan surga. Pesona bawah laut Indonesia bisa kita saksikan sendiri mulai dari Sabang sampai Merauke. Tak kalah dengan keindahan di berbagai belahan dunia, tentunya kamu sepakat kalau Indonesia pun memiliki pesona tiada duanya yang mampu membius siapapun yang mengunjungi pariwisatanya.

Tak hanya itu, rupanya keindahan alam Indonesia tersebut pun mampu membuat para wisatawan mancanegara terkesima lantas berbondong-bondong mengunjunginya. Dari mulai pegunungan, perbukitan, hingga surga bawah lautnya, Indonesia memang tak bisa dipandang sebelah mata.

1. Kepulauan Raja Ampat

Warna-warni terumbu karang yang ada di perairan Raja Ampat terpancar begitu indah. Tanpa harus menyelam dan masuk ke laut dalam semua isi laut dangkalnya sudah terlihat dan mewakili hampir sebagian besar isi laut dalamnya. Ikan-ikan kecil seperti menari memamerkan liukan tubuh mereka. Gelombang ombak yang tenang memberikan mereka kesempatan untuk berenang berkelompok dan mendekat ke wilayah tinggal manusia. Ikan-ikan berpadu dengan karang yang menawan menyuguhkan sebuah surga bagi para penyelam dunia.

Laut Raja Ampat memang memiliki keindahan yang belum tertandingi oleh tempat manapun di Indonesia, bahkan Raja Ampat dapat disetarakan dengan perairan indah dunia seperti Maladewa, Laut Tengah, atau Kepulauan Fiji. Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 tempat menyelam terbaik yang dimiliki dunia. Bahkan, diakui sebagai perairan nomor satu di dunia yang memiliki flora fauna terlengkap di dunia. Seorang ahli karang, Dr. John Veron pernah menyebutkan dalam penelitiannya bahwa Raja Ampat mempunyai 450 jenis karang yang teridentifikasi masih dalam kondisi berkembang sangat baik.

Sebuah lembaga Conservation International (CI) yang bekerjasama Lembaga Oseanografi Nasional (LON) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga pernah melakukan sebuah penelitian di tahun 2001 dan 2002. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Raja Ampat memiliki hampir 75% terumbu karang yang ada di seluruh dunia. Selain itu, perairan Raja Ampat adalah tempat tinggal dari 1000 lebih jenis ikan karang dan 700 jenis Moluska. Kesimpulan penelitian itu adalah tak satupun perairan dunia yang memiliki kondisi ini selain Raja Ampat.

2. Kepulauan Seribu

Kamu orang yang sibuk dan nggak bisa liburan jauh-jauh? Tenang, kamu bisa mengunjungi Kepulauan Seribu yang tak kalah indahnya dengan taman-taman laut yang sudah disebutkan di atas. Kepulauan Seribu merupakan tujuan wisata bawah air yang terletak 45 km dari Kota Jakarta. Banyak sekali pulau-pulau kecil di kepulauan ini yang masih alami dan dikunjungi wisatawan mancanegara, lho.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini, tentunya para travelers akan merasa terpesona dan takjub dengan hamparan putih pasir yang luas dan indah, selain itu terdapat dermaga-dermaga yang menggunakan arsitektur terbuat dari kayu-kayu yang kokoh. Bungalow yang terdapat didalamnya pun di tata dengan kesan alami dan minimalis menggunakan desain rumah tradisional namun dipenuhi dengan interior yang modern sehingga terbilang unik. Dengan ini semua, Pulau Sepa menjadi alasan penting sebagai tempat destinasi yang layak dikunjungi karena memiliki beberapa keunggulan.

3. Taman Laut Banda

Taman Laut Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, di gugusan Pulau Neira, Pulau Gunung Api, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta. Taman Laut Banda yang merupakan salah satu taman laut terindah di dunia yang memiliki 310 jenis karang pembentuk terumbu, sekitar 871 spesies ikan, serta populasi hiu dan kerapu, termasuk beberapa jenis ikan dan kerang purba yang disuakakan seperti ikan napoleon. Karena keindahannya, pada tahun 2006 Taman Laut Banda dipilih menjadi Kawasan Warisan Dunia untuk surga bawah laut Indonesia. Keren abis ya, guys.

4. Taman Nasional Bunaken

Taman laut yang satu ini pastinya kamu sudah familiar dan sering terdengar di telinga. Bunaken adalah salah satu situs wisata bawah air terbaik di Indonesia dan merupakan taman nasional yang terdaftar di UNESCO, sehingga keindahan bawah laut di Bunaken selalu dijaga kelestariannya. Ingin ke sana? Kamu tinggal mengunjungi taman laut yang terletak di Sulawesi Utara ini, yang berjarak di 75 mil dari pantai Manado.

5. Taman Laut Takabonerate

Masih dari Sulawesi, kali ini kamu bisa meluncur ke Sulawesi Selatan, dan mengunjungi salah satu taman laut yang indahnya luar biasa ini. Namanya Taman Laut Takabonerate. Taman laut ini terletak di Sulawesi Selatan, 300 km dari Kota Makassar. Di Taman Laut Takabonerate ini selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa diving atau snorkeling dan ketemu sama makhluk laut seperti ikan nudi, cuttlefish, barracuda, pari, bump head fish di kedalaman satu meter. Keren, kan?

6. Tulamben, Bali

Salah satu tempat wisata di Bali bagian timur yang sangat terkenal akan keindahan pemandangan bawah laut adalah Tulamben Bali. Karena keindahan pemandangan bawah laut, membuat Tulamben menjadi destinasi terbaik untuk melakukan aktivitas snorkeling dan menyelam (scuba dive) di pulau Bali. Mata pencaharian penduduk Desa Tulamben sebagian besar sebagai nelayan. Ada juga beberapa yang bekerja sebagai petani, pedagang, buruh bangunan, pegawai negeri dan bekerja di bidang pariwisata.

Tulamben Bali adalah sebuah desa kecil yang terletak sebelah timur laut pulau Bali. Lokasi desa Tulamben menghadap selat Lombok yang sangat kaya akan biota laut. Desa Tulamben masuk dalam dalam wilayah Kecamatan Kubu, di bagian utara Kabupaten Karangasem-Bali. Apabila anda berangkat dari kawasan objek wisata Kuta Bali, untuk mencapai lokasi desa Tulamben Karangasem, akan menempuh jarak 102 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh 3 jam perjalanan.

7. Taman Laut Wakatobi

Wakatobi memiliki 4 bagian pulau besar, yaitu Kaledupa, Wangi-wangi, Sulawesi Tenggara, dan Binongko yang terletak di Kabupaten Wakatobi sendiri. Taman Nasional Wakatobi mempunyai lahan kurang lebih 1.390.000 hektar. Wakatobi memiliki kekayaan keanekaragaman alam bawah laut yang sangat lengkap, semacam terumbu karang dan berbagai binatang laut. Karena itu, Taman Nasional Wakatobi menyuguhkan pemandangan bawah laut yang begitu mempesona dan sangat cocok sebagai tempat penyelaman.

Jika Anda berwisata di Pulau Sulawesi, jangan sampai tidak mengunjungi Wakatobi. Dengan keindahan panorama bawah lautnya serta gugusan terumbu karang yang beraneka ragam merupakan andalan taman wisata Wakatobi. Terdapat sekitar 112 jenis terumbu karang dari 13 famili yang tersebar di 25 titik. Beberapa jenis karang tersebut yaitu A. hyacinthus, Acropora formosa, Psammocora profundasafla, Leptoseris yabei, Pavona cactus, Fungia molucensis, Merulina ampliata, Lobophyllia robusta, Platygyra versifora, Tubastraea frondes, Euphyllia glabrescens, Stylophora pistillata, Sinularia spp dan Sarcophyton throchelliophorum. Tidak hanya itu, terdapat gua-gua bawah laut yang sangat indah yang terletak di sepanjang karang.

Selain keanekaragaman terumbu karang, Taman Nasional Wakatobi mempunyai spesies ikan yang berjumlah sekitar 93 spesies. Beberapa spesies ikan-ikan penghuni Wakatobi yaitu takhasang (Naso unicornis), argus bintik (Cephalopholus argus), pogo-pogo (Balistoides viridescens), ikan merah (Lutjanus biguttatus), napoleon (Cheilinus undulatus), baronang (Siganus guttatus), Chaetodon specullum, Amphiprion melanopus, Chelmon rostratus, Lutjanus monostigma, Heniochus acuminatus, dan Caesio caerularea. Beberapa penyu yang sering singgah di Pulau Wakatobi untuk bertelur yaitu penyu tempayan (Caretta), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu lekang (Lepidochelys olivacea).

Gimana? Sudah tahukan bahwa Indonesia memiliki tempat wisata yang tak kalah indah dengan wisata bawah air yang ada di luar negeri. Dan  itulah ke-7 tempat wisata yang wajib untuk kalian kunjungi, demikianlah artikel diatas semoga ulasan diatas memberi pengetahuan serta pengetahuan baru mengenai wisata yang ada di Indonesia. (Sumber : BN.)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top