Travel

Wajib Dicatat, Ini Daftar Hari Libur 2018 Untuk Persiapan Traveling Kamu

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau setiap orang membutuhkan refreshing entah itu sekedar liburan ataupun yang mau traveling ke luar kota atau daerah lainnya yang terlihat indah dan nyaman hanya untuk menghilangkan rasa penat karena terus menerus bekerja sepanjang waktu. Untuk itu, yuk catat tanggal-tanggal dibawah ini supaya kamu bisa mempersiapkan untuk mengambil cuti supaya bisa traveling.

1. Tahun Baru Masehi 2018 (Senin, 1 Januari 2018)

Tahun 2018 kali ini tepat berada pada hari Senin, oleh karena itu liburan kalian tentu sudah bisa dimulai dari tanggal 30 Desember 2017 yang bertepatan pada hari Sabtu, lanjut hingga pada tanggal 01 Januari 2018 yang bertepatan pada hari Senin.

2. Tahun Baru Imlek 2018 (Jumat, 16 Februari 2018)

Lanjut ke hari besar berikutnya yang jatuh pada, hari raya Imlek. Bertepatan pada hari jumat pasti membuat sebagian umat yang merayakan imlek akan melanjutkan hingga hari Senin berikutnya, jadi ini termasuk hari liburan panjang bagi umat yang merayakannya ya. Total hari kejepit pada hari raya ini bisa menjadi tiga hari, dimulai dari 16 Februari 2018 hingga 18 februari 2018 yang jatuh pada hari Minggu.

3. Hari Raya Nyepi 2018 (Sabtu, 17 Maret 2018)

Berikutnya berlanjut pada pertengahan Bulan Maret, yang jatuh pada tanggal 17 maret 2018 tepatnya pada hari Sabtu ini. Karena tepat berjatuhan di hari sabtu mungkin teman-teman sekalian, bisa melakukan holiday trip pendek ke daerah dalam kota bersama keluarga.

Tidak tertutup kemungkinan juga kalau teman-teman mau menikmati berpergian keluar kota, tapi sehubung dengan hari raya Nyepi, teman-teman yang ingin berkunjung ke Pulau Dewata harap cek jadwal penerbangan ya, karena biasanya penerbangan dari dan ke Pulau Dewata tidak beroperasi tepat pada hari raya Nyepi.

4. Hari Wafat Isa Al Masih (Jum’at, 30 Maret 2018)

Dan yang berikutnya kembali jatuh pada hari Jumat, ya hari besar wafat Isa Al Masih yang akan berlangsung pada tanggal 30 Maret 2018, memungkinkan kalian untuk kembali berliburan panjang hingga menjelang hari Senin.

Mungkin berlibur ke kota-kota besar dalam negeri bisa menjadi pilihan liburan kamu, untuk liburan kali ini. Toh tidak semua liburan harus dilakukan ke luar negeri kan. Yuk coba cek tiket-tiket murah penerbangan dalam kota untuk hari liburan ini.

5. Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW (Sabtu, 14 April 2018)

Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang berada pada bulan April ini pun hari libur yang cocok untuk melakukan perjalanan pendek ke daerah sekitar kotamu lagi, mungkin untuk kalian yang berada dikota besar seperti Jakarta bisa memilih ke daerah Puncak, atau untuk yang disekitar Medan bisa menikmati hawa di daerah Gunung Berastagi. Selalu ingat kondisi kesehatan sebelum melakukan perjalanan panjang ya teman-teman semua.

6. Hari Buruh Internasional (Selasa, 1 Mei 2018)

Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut juga Hari May Day ini, merupakan hari penghormatan untuk para buruh diseluruh Indonesia. Tepat jatuh dihari Selasa 01 Mei 2018, untuk teman-teman yang masih harus beraktifitas disekitar pusat kota harap lebih berhati-hati dalam melintas. Karena biasanya dikota besar seperti Jakarta, akan banyak pengalihan arus lalu-lintas.

7. Kenaikan Isa Al Masih (Kamis, 10 Mei 2018)

Hari Raya Kenaikan Isa Al Masih adalah hari Raya yang biasa dirayakan oleh Umat Kristiani, untuk memperingati hari kebangkitan Yesus Kristus. Untuk Umat Kristiani yang merayakan jangan lupa untuk beribadah ya sebelum menikmati liburan pendek kali ini.

8. Hari Raya Waisak (Selasa, 29 Mei 2018)

Hari Waisak yang memiliki makna kelahiran, penerangan sempurna dan Parinibana (mangkat) Buddha, merupakan hari Raya yang biasa dirayakan oleh Agama Buddhis / Budha. Tepat berjatuhan pada hari Selasa untuk teman-teman yang masih memiliki sisa cuti boleh diambil pada hari Senin, supaya dapat melakukan liburan panjang, dan banyak destinasi yang bisa dilakukan untuk berlibur dipertengahan tahun.

9. Hari Lahir Pancasila (Jum’at, 1 Juni 2018)

Hari Waisak yang memiliki makna kelahiran, penerangan sempurna dan Parinibana (mangkat) Buddha, merupakan hari Raya yang biasa dirayakan oleh Agama Buddhis / Budha. Tepat berjatuhan pada hari Selasa untuk teman-teman yang masih memiliki sisa cuti boleh diambil pada hari Senin, supaya dapat melakukan liburan panjang, dan banyak destinasi yang bisa dilakukan untuk berlibur dipertengahan tahun.

10. Hari Raya Idul Fitri Jum’at dan Sabtu 15,16 Juni 2018)

Ini dia hari raya besar yang paling ditunggu setiap tahunnya, ya hari raya idul fitri. Tepat berjatuhan di hari jumat dan Sabtu tahun ini, dan dari info yang sudah dikumpulkan akan ada hari cuti bersama yang akan ditetapkan bertepatan pada hari Rabu, Kamis, Senin dan Selasa, 13,14,18 dan 19 Juni, Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Pasti ini jadi liburan yang paling kamu tunggu kan? Ayo sebelum liburan jangan lupa ya bermaaf-maafan dengan tetangga sebelah ya, dan juga jangan lupa nikmati hidangan ketupat khas Idul Fitri ya.

11. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (Jum’at, 17 Agustus 2018)

17 Agustus 2018 yang jatuh pada hari Jumat, memungkinkan kalian mengambil kembali liburan-liburan. Karena sebagian kantor banyak yang juga memang meliburkan karyawannya pada hari sabtu, kalian boleh segera menentukan destinasi liburan kalian ini.

Oh ya, jangan lupa untuk memasang bendera merah putih dirumah kalian ya, semenjak Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengeluarkan surat edaran pada perayaan HUT RI ke 72 yang tertuang dalam Nomor B-545/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2017 perihal Partisipasi Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan. Mewajibkan seluruh rakyat NKRI memasang bendera dari mulai Bulan Agustus hingga akhir Agustus.

12. Hari Raya Idul Adha 1439 H (Rabu, 22 Agustus 2018)

Hari Raya Idul Adha, yang bertepatan pada tanggal 22 Agustus 2018 di hari Rabu merupakan hari yang dinantikan untuk umat Muslim. Biasanya pun pedagang untuk kurban mulai terlihat dipinggir-pinggir jalan besar sebelum hari besar ini. Dan biasanya hari Raya ini melakukan pemotongan kurban, dan dibagikan kepada sesama umat muslim. Hayo siapa yang biasanya suka nyate di malam Idul Adha?

13. Tahun Baru Islam 1440 H (Selasa, 11 September 2018)

Sama hal nya seperti Tahun Baru pada kalender Masehi, atau juga Tahun baru pada kalender Cina. Tahun Baru pada kalender Hijriyah berjatuhan pada tanggal 11 September 2018 di hari selasa, kalender Hijriyah biasa digunakan umat Muslim untuk menentukan tanggal atau bulan penting untuk Ibadah mereka. Kalender Hijriyah menggunakan bulan sebagai acuannya, hal itu pun berbeda dengan penanggalan Masehi yang menggunakan matahari sebagai acuannya. Yuk mulai cari kegiatan liburan kamu pada hari Raya Tahun Baru Hijriyah 2018 nanti.

14. Maulid Nabi Muhammad SAW (Selasa, 20 November 2018)

Hari Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2018, tepat jatuh pada hari Selasa, 20 November 2018. Maulid yang diambil dari Bahasa Arab berarti Hari Lahir. Di seluruh dunia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Masih ada sisa cuti atau memang anda ingin berlibur diakhir tahun? Silahkan segera direncanakan kembali untuk pengambilan cuti di hari Senin 19 November 2018.

15. Hari Raya Natal (Selasa, 25 Desember 2018)

Di penghujung tahun 2018, ada hari Natal yang selalu berada tepat pada tanggal 25 Desember. Untuk hari Natal tahun 2018 yang tepat berjatuhan pada hari Selasa nampaknya ada jadwal cuti bersama lagi dikalender tahun 2018. Untuk menghormati umat yang merayakan Natal, Senin, 24 Desember 2018 ditetapkan untuk hari cuti bersama. Jadi untuk teman teman yang merayakan natal bisa langsung memulai libur panjang kalian pada tanggal 22 Desember 2018 di hari Sabtu.

Nah, itu dia daftar hari libur yang ada di sepanjang tahun 2018 ini. Silahkan di catat ya untuk persiapan traveling kamu.

(Sumber : HW)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top