Travel

Keindahan Bukit Klangon Menjadi Spot Baru di Lereng Merapi

Jika anda salah satu termasuk traveler yang senang dengan tipe wisata selfie, tentu wajib hukumnya mencari destinasi-destinasi menarik dengan pemandangan yang cantik. Kalau begitu, tak ada salahnya jika anda memilih Yogyakarta sebagai tujuan liburan kali ini. Ada banyak spot seru dengan panorama ciamik yang bisa anda bidik melalui layar kamera loh disana. Salah satu yang saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh warganet di media sosial adalah Bukit Klangon Merapi.

Meski arah pengembangan wisata di daerah Kabupaten Sleman difokuskan untuk Desa Wisata, namun bukan berarti Sleman tidak memiliki spot selfie kekinian seperti halnya yang ada di Bantul. Pasalnya kini Sleman juga mencuri perhatian dengan wisata baru Bukit Klangon yang sedang hits di instagram. Meski mengusung konsep gardu pandang, namun yang dimiliki Sleman ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan Bukit Lintang Sewu seperti di Bantul. Pasalnya panorama alam yang disajikan jauh berbeda.

Keindahan Bukit Klangon Merapi ini adalah background dari gardu pandang yang berupa Gunung Merapi. Karena lokasi Bukit Klangon ini terletak di lereng Merapi, tentu saja Gunung yang sangat aktif itu terlihat begitu gagah dan besar, sehingga sangat mempesona memperlihatkan kebesaran Sang Pencipta. Bukit Klangon sendiri masuk ke wilayah Cangkringan, Sleman dan berbatasan Klaten Jawa Tengah. Ketika cuaca sedang cerah, para pengunjung bisa menikmati Puncak Merapi dari dekat dengan menaiki gardu pandang setinggi 5 meter.

Kawasan klangon sendiri merupakan salah satu jalur pendakian gunung merapi, namun semenjak erupsi 2010 lalu jalur ini ditutup. Saat ini bukit klangon menjadi spot favorit para foto hunter dan pecinta montain bike. Banyak para bikers yang mencoba trek downhill dari bukit klangon. Treknya cukup menantang dan memacu adrenalin mulai dari tikungan tikungan tajam dengan jurang bekas aliran lava di kanan kirinya, hutan, perkebunan dan terakhir melewati perkampungan warga.

Bukit klangon adalah tempat yang pas untuk “ngadem” melupakan sejenak rutinitas. Udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi, membuatmu bisa betah berlama lama. Jika punya waktu liburan yang panjang, bawalah tenda untuk camping disini. Di Lokasi bukit klangon memiliki lahan yang cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda. Udara yang sejuk dengan view puncak merapi yang memukau akan membuat campingmu semakin sempurna. Menariknya lagi disini sudah tersedia beberapa fasilitas seperti tempat ibadah dan toilet.

Selain sebagai tempat wsiata dengan spot selfie gardu pandang, Bukit Klangon ini lebih dulu dikenal sebagai tempatnya pecinta Downhill. Pasalnya, tempat ini dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill bagi para pembalap sepeda gunung (MTB). Bukit Klangon ini juga rutin menyelenggarakan even kejuaraan sepeda baik tingkat regional maupun nasional. Saat ini, Bukit Klangon juga menjadi satu satunya lintasan sirkuit Downhill terbaik di DIY.

Secara administratif lokasi Bukit Klangon ini terletak di Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Selman. Lokasinya memang terletak di daerah Kawasan Rawan Bencana III atau dekat dengan The Lost World Castle. Jika diakses dari pusat Kota Jogja membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Bagi yang masih kebingungan, untuk menuju ke Bukit Klangon Merapi ini silakan ambil rute menuju Kaliurang dan setelah ada pertigaan arah ke kaliadem/cangkringan belok kanan. Ada pertigaan menuju merapi Golf atau The Lost Worldd Castle ambil kanan lurus ke timur nanati ada pertigaan ambil keiri lurus terus. Dari sana sudah ada banyak plang penunjuk rute BUkit Klangon. Bukit Klangon ini letaknya sekitar 2 km dari The Lost World Castle dan menjadi tempat tertinggi di lereng Merapi yang dihuni oleh warga.

Sumber : hp

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top