Tekno

Inilah Beberapa Smartphone Yang Dianggap Terburuk

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di perangkat mobile, terutama smartphone. Beragam produk yang diproduksi bermacam vendor pun muncul dengan membenamkan Android di dalamnya.

Tapi tak semua smartphone Android hadir dengan desain dan performa yang memuaskan. Beberapa produk malah dianggap mengecewakan, baik itu desain, spesifikasi, hingga performa.

Liputan6.com memilih enam yang bisa dianggap paling mengecewakan, seperti dikutip dari Android Authority, Sabtu (20/4/2013). Berikut paparannya:

Kyocera Echo

Saat Anda mengetik “worst Android phone” di Google, hasil pencarian banyak menyebut Kyocera Echo. Secara desain, perusahaan asal Jepang ini memang menghadirkan bentuk unik, perangkat dengan dua layar yang bisa dilipat.

Masing-masing layar berukuran 3,5 inci. Tapi Kyocera bisa menghadirkan mekanisme unik dengan dua layar yang tersambung menjadi satu. Dua layar ini awalnya untuk menghadirkan gambar yang lebih besar dibanding smartphone biasa. Tapi lipatan di antara keduanya malah mengganggu pandangan.

Desainnya memang terasa aneh, padahal spesifikasi di Echo sudah terbilang lumayan. Prosesor yang dibenamkan adalah Qualcomm Snapdragon sebesar 1 GHz dengan RAM 512 MB. Ponsel ini juga disertai kamera 5 MP. Sayang daya tahan baterai lemah, mungkin karena harus menghidupkan dua layar.

Motorola Backflip

Ponsel ini hadir dengan desain yang begitu tebal, dengan model slide untuk keyboard qwerty. Anehnya lagi, navigasi juga masih ditambah dengan backtrack, serupa trackpad yang diletakkan di belakang.

Tapi keyboard Backflip tak responsif. Sebaliknya, backtrack terlalu sensitif dan mengganggu karena sering tak sengaja tersentuh.

Spesifikasi di ponsel berlayar 3,1 inci pun mengecewakan. Prosesor yang digunakan hanya 528 MHz dengan RAM 256 MB. Kamera yang digunakan 5 MP, cukup besar untuk ponsel yang dirilis pada Januari 2010 ini.

Motorola Citrus

 

Citrus memang hadir sebagai smartphone di kelas low-end, tapi kehadirannya dianggap mengecewakan. Desain dengan trackpad dianggap menjadi kesalahan terbesar yang dilakukan Motorola. Sebab trackpad ini sering tersentuh secara tak sengaja, yang malah menyulitkan navigasi.

Dengan layar 3 inci, Citrus menghadirkan gambar dengan resolusi 320x240p. Tak heran jika gambar terlihat datar dan tak hidup. Kamera yang disematkan pun hanya 3 MP, terbilang kecil bagi ponsel yang rilis Oktober 2010.

Spesifikasi pun seadanya, dengan prosesor 528 MHz dan RAM 256 MB.

Smartphone ini hadir dengan fitur unik berupa tombol khusus yang langsung terhubung ke Facebook. Banyak yang menyebut Chacha sebagai Facebook Phone generasi awal, tapi desainnya terlihat seperti BlackBerry murahan.

Ponsel dengan keyboard qwerty ini memadukan konsep touch and type, tapi dengan layar yang hanya seluas 2,6 inci. Tentu ini menyulitkan navigasi tanpa adanya trackpad.

Smartphone yang dirilis pada Februari 2011 pun hadir dengan spesifikasi seadanya. Prosesor hanya 800 MHz, dengan RAM 512 MB. Kamera yang disematkan terbilang lumayan, 5 MP dan kamera depan VGA.

Samsung Moment

Samsung juga pernah mengeluarkan smartphone dengan keyboard qwerty dalam model slide saat merilis Samsung Moment. Dari sisi desain, sebenarnya tak ada yang aneh. Hanya saja ukuran layar yang kecil menjadikan navigasi agak sulit, terutama bagi pemilik jari besar.

Spesifikasi ponsel yang diriis November 2009 ini juga tak bisa dianggap jelek. Moment menggunakn prosesor 800 MHz dengan RAM 256 MB.

Tapi performanya yang mengecewakan. Banyak pengguna yang mengeluhkan seringnya screen freeze atau crash yang mengakibatkan restart sendiri. Panggilan telepon pun sering drop.

Garminfone

Garmin lebih dikenal sebagai perusahaan pembuat GPS. Tentu hal menarik saat Garmin menggandeng Asus untuk merilis Garminfone.
Fitur GPS jelas menjadi andalan di Garminfone. Tapi tampilan antarmuka di ponsel ini hadir begitu jelek. Sangat disayangkan, padahal spesifikasi ponsel ini begitu menarik.

Yah, itulah dia beberapa smartphone yang dianggap paling buruk. Gimana apa kalian sempat punya smartphone tersebut? (sumber: lc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top