Tekno

Cara Menginstal Windows 10 Yang Perlu Kamu Ketahui

Ada beberapa cara untuk menginstal Windows 10 pada PC yang anda gunakan. Baik itu melakukan upgrade dari Windows 7 atau 8, menginstal sistem operasi baru dari awal atau menginstal ulang versi Windows 10 dapat anda lakukan dengan cara yang mudah di bawah ini.

Untuk menginstal Windows 10, terlebih dahulu anda akan memerlukan lisensi Windows 10 upgrade yang dapat digunakan secara gratis.

* Cara mendapatkan lisensi Windows 10

Ada berbagai cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan lisensi Windows 10 yang akan mengaktivasi instalan Windows 10 ke PC anda. Berikut penjelasannya:

Upgrade dari Windows 7 atau 8: Microsoft masih menawarkan upgrade Windows 10 gratis untuk pengguna PC yang menggunakan alat-alat aksesibilitas. Anda masih dapat menginstal Windows 10 dan masukkan lisensi Windows 7 atau 8 dalam installer untuk menerima lisensi upgrade Windows 10 secara gratis. Setelah Anda melakukan upgrade, PC Anda akan memiliki lisensi Windows 10 yang dapat digunakan selamanya.

PC baru yang menggunakan Windows 10: jika PC anda sudah terpasang Windows 10, maka anda dapat menggunakan lisensi yang disediakan produsen. Dalam hal ini produsen telah membayar lisensi dan tugas anda hanya menginstal ulang Windows 10 pada PC tanpa memasukkan activation key.

Membeli lisensi Windows 10: jika Anda sedang membangun PC Anda sendiri dan belum memiliki sistem operasi, Anda dapat membeli lisensi Windows 10 dari Microsoft.

Tidak memerlukan lisensi: Anda juga dapat menginstal Windows 10 tanpa memasukkan product key. Anda akan melihat pesan yang memberitahu bahwa sistem Windows 10 Anda tidak memerlukan lisensi dan perlu diaktifkan, dan ini akan menjadi benar-benar bermanfaat. Ini adalah solusi yang nyaman untuk pengujian Windows 10 pada PC tanpa melakukan pembelian lisensi.

* Cara Memasang Windows 10

Anda dapat menggunakan alat upgrade yang bernama Media Creation untuk menginstal Windows 10 pada PC Anda jika sudah memiliki Windows 7 atau 8.1 yang terinstal.

Jika Anda mememilih untuk menggunakan program Media Creation Tool, maka anda dapat mendownload dan mengeksekusi tool tersebut. Itu akan memberikan lisensi gratis untuk menginstal Windows 10.

Jika anda ingin mengupgrade PC ke Windows 10, maka anda dapat Klik “Download tool now”, jalankan, dan pilih “Meng-Upgrade PC”. Ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses upgrade. Selanjutnya, alat yang anda gunakan akan mendownload file instalasi Windows 10 dan memulai proses instalasi.

Jika Anda tidak ingin meng-upgrade dari instalasi Windows yang ada, Anda dapat mendownload media instalasi Windows 10 secara gratis dari Microsoft dan melakukan instalasi. Untuk melakukannya, kunjungi halaman Microsoft Download Windows 10, klik “Download tool now”, dan jalankan file yang didownload. Pilih “Buat media instalasi untuk PC”.

Pastikan untuk memilih bahasa, edisi, dan arsitektur yang anda inginkan untuk menginstal Windows 10. Jika Anda sedang menginstal pada PC dengan CPU 64-bit, maka anda dapat memilih sistem operasi Windows 10 versi 64-bit. Sedangkan jika anda sedang menginstal pada PC dengan CPU 32-bit, anda akan memerlukan versi 32-bit.

Jika Anda menginstall Windows 10 pada PC saat ini, hanya tetap “Gunakan pilihan yang direkomendasikan untuk PC ini”. Centang kotak persetujuan dan tool akan secara otomatis akan mendownload versi yang sesuai untuk PC anda.

Alat ini akan memungkinkan anda untuk menyalin file instalasi Windows 10 ke USB drive atau melakukan burn ke DVD. Jika Anda menggunakan USB drive, maka kapasitas yang diperlukan yaitu 4 GB atau lebih besar dari itu. Semua file pada USB drive akan dihapus untuk melanjutkan bagian dari proses instalasi ini.

Jika Anda ingin menginstal Windows 10 dalam mesin virtual, pilih opsi “ISO file”. Alat akan mendownload ISO file, dan anda kemudian dapat melakukan boot ISO yang telah didownload di mesin virtual untuk menginstal Windows 10 pada PC

Di layar Windows Setup, pilih bahasa, format waktu dan mata uang, dan keyboard layout. Klik “Next” untuk melanjutkan.

Ketika Anda mencapai layar installer, pilih “Install Now” dan ikuti petunjuk untuk menginstal Windows 10 pada PC Anda.

Ketika Anda melihat layar Aktifkan Windows, Anda akan perlu untuk memasukkan activation key atau dapat dilewatkan saja.

Jika Anda sebelumnya telah mengambil keuntungan dari penawaran upgrade Windows 10 gratis pada PC yang digunakan, klik “Saya tidak punya kunci produk”. Windows akan secara otomatis mengaktifkan sebuah “lisensi digital” terkait dengan PC hardware server Microsoft setelah dipasang.

Ketika Anda mencapai layar “jenis instalasi yang Anda inginkan?”, klik “Custom” untuk melakukan instalasi yang bersih dan menghapus segala sesuatu pada PC Anda.

Pada layar berikutnya, pilih hard drive yang ingin diinstal Windows dan menghapusnya. (Peringatan: Bila Anda menghapus sebuah partisi, Anda juga menghapus semua file pada partisi. Pastikan Anda memiliki backup file penting sebelum melakukan partisi)

Ketika Anda sudah selesai menghapus partisi, maka anda harus membagi cukup ruang untuk menginstal Windows 10. Klik “New”, dan setelah itu format drive anda, klik berikutnya.

Windows 10 akan melakukan proses instal secara otomatis, dan akan merestart beberapa kali selama proses instalan. Ketika selesai, anda akan melihat antarmuka setup yang akan muncul ketika mengatur Windows 10 pada setiap PC baru, di mana anda dapat menambahkan account pengguna dan menyesuaikan berbagai pengaturan juga.

(Sumber: htg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top