Tekno

18 Search Engine Yang Berguna Dalam Menemukan Informasi

Search engine merupakan mesin pencari yang difungsikan untuk mencari dan menemukan data, informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ada banyak ragam search engine yang dapat anda gunakan untuk mencari data, berikut penjelasannya:

1. Google

Google adalah sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang mengkhususkan diri dalam layanan terkait Internet dan produk. Ini termasuk iklan online, mesin pencari, komputasi cloud, perangkat lunak dan perangkat keras.

2. Yahoo

Yahoo merupakan penyedia jasa web bermarkas di Sunnyvale, California. Dan saat ini Yahoo dimiliki oleh Verizon. Perusahaan Yahoo didirikan oleh Jerry Yang serta David Filo pada Januari 1994 dan didirikan pada 2 Maret 1995. Yahoo adalah salah satu pelopor awal era Internet pada 1990-an.

3. DogPile

Dogpile adalah mesin metasearch untuk informasi di World Wide Web yang mengambil hasil dari Google, Yahoo, dan Yandex, dan termasuk hasil dari beberapa mesin pencari populer lainnya, termasuk dari penyedia konten audio dan video.

4. Zuula

Zuula adalah mesin metasearch yang memberikan hasil penelusuran dari sejumlah pencari yang berbeda. Zuula dapat digunakan untuk melaksanakan standar pencarian web, pencarian gambar, pencarian video, pencarian Berita, pencarian blog dan pekerjaan.

6. Mamma.com

Mamma.com diluncurkan pada bulan Juli 1996 oleh Herman Tumurcuoglu di Montreal, Kanada. Ini adalah salah satu web mesin metasearch pertama di dunia.

Pada tanggal 22 Desember 2005, Mamma.com menyelesaikan akuisisi “Copernic Technologies Inc “, sebuah perusahaan teknologi pencarian didirikan pada bulan Juli 1996 di Quebec City dan pembuat pencarian desktop utilitas Copernic Desktop Search.

Pada tanggal 8 Juni 2007, Inc Mamma.com berganti nama menjadi Copernic Inc, dan mengganti logo perusahaan menjadi CNIC. Efektif pada 14 Juni 2007 perusahaan tersebut mulai meluncurkan website baru.

7. Ask.com

Ask.com (awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves) yang merupakan pencari web yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen di Berkeley, California.

Ask.com mendapat banyak kritikan pada toolbar browser, yang telah dituduh berperilaku seperti malware karena bundling dengan perangkat lunak lain dan kesulitan dengan penghapusan instalasi. Ask.com saat ini dimiliki oleh InterActiveCorp (IAC) di bawah simbol NASDAQ.

8. GigaBlast

Gigablast adalah mesin pencari web yang didirikan pada tahun 2000. Pada tahun 2015, Gigablast mendapatkan indeks lebih dari 12 milyar halaman web, dan menerima miliaran kueri per bulan.

Kode sumber mesin pencarian ditulis dalam bahasa pemrograman C dan c + +. Dan pada juli 2013, mesin pencari ini dirilis sebagai perangkat lunak berbasis open source di bawah lisensi Apache versi 2. Pengoperasian Gigablast memberikan hasil penelusuran untuk perusahaan lain, seperti Ixquick Clusty, Zuula, Snap dan Blingo.

9. Bing

Bing adalah mesin pencari yang dimiliki Microsoft. Mesin pencari bing didirikan oleh Microsoft sebagai upaya untuk menjadi pesaing Google di area pencarian. Akan tetapi meskipun upaya bing untuk bersaing dengan google tidak berhasil, namun pihak microsoft meyakinkan pengguna bahwa mesin pencari bing dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada Google.

10. AOL.com

Menurut netmarketshare, AOL terkenal sebagai search engine dengan pangsa pasar yang sangat baik. AOL memiliki jaringan mencakup banyak situs web populer seperti engadget.com, techchrunch.com dan huffingtonpost.com.

11. Baidu

Baidu didirikan pada tahun 2000 dan itu adalah mesin pencari paling populer di China. Menurut Wikipedia, Baidu melayani miliaran kueri penelusuran per bulan.

12. WolframAlpha

Lain halnya dengan WolframAlpha, itu difungsikan sebagai mesin pengetahuan komputasi yang dapat memberikan anda fakta dan data untuk sejumlah topik. Hal ini dapat melakukan segala macam perhitungan, misalnya jika Anda memasukkan kata “mortgage 2000” sebagai masukan akan menghitung jumlah pinjaman Anda, bunga yang didasarkan pada asumsi-asumsi.

13. DuckDuckGo

Duckduckgo memiliki sejumlah keunggulan pencari lainnya. Mesin pencari ini memiliki antarmuka yang bersih, tidak melacak pengguna, tidak terisi penuh dengan iklan dan memiliki sejumlah fitur yang sangat bagus (hanya satu hasil halaman, Anda dapat mencari langsung situs web lain, dan lain sebagainya).

14. Internet Archive

Archive.org adalah mesin pencari arsip data. Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui bagaimana situs web didirikan sejak tahun 1996. Ini adalah alat yang sangat berguna jika Anda ingin melacak sejarah domain dan memeriksa darimana domain tersebut berasal, berapa harga domain tersebut, dan lain sebagainya.

15. Yandex.ru

Menurut Alexa, mesin pencari Yandex.ru termasuk 30 situs paling populer di Internet dengan posisi peringkat 4 di Rusia.

Yandex hadir sebagai sebuah perusahaan teknologi yang membangun produk dan jasa yang didukung oleh mesin pembelajaran. Menurut Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin telusur terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara itu.

16. Cuil

Cuil adalah mesin pencari situs web yang dikembangkan oleh sekelompok ex-karyawan Google dan dari Altavista dan IBM. Cuil disebut sebagai ‘Google Killer’ diluncurkan pada Juli 2008 dan mengaku menjadi mesin telusur terbesar di dunia, pengindeksan halaman tiga kali lebih banyak seperti Google dan sepuluh kali lipat dari MS.

17. Galaxy

Galaxy lebih difungsikan sebagai sebuah direktori dari mesin pencari. Diluncurkan pada tahun 1994 oleh bagian divisi Einet di konsorsium penelitian PKS di University of Texas, Austin

18. Windows live search

Live search sebelumnya dikenal sebagai Windows Live Search dan MSN Search. Sama seperti bing, live search merupakan web mesin pencari yang dirancang oleh microsoft untuk bersaing dengan Google dan Yahoo. Live search diintegrasikan sebagai bagian dari web browser Internet Explorer.

Itulah penjelasan mengenai 8 Search Engine Yang Berguna Dalam Menemukan Informasi. Atas perhatian dari para pembaca, kami ucapkan terima kasih.

(Sumber: msh)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top