Otomotif

Memperkenalkan Nama Alat-Alat Bengkel Beserta Fungsinya

Hallo guys apa kabar? Yang pastinya baik saja ya. Nah, dikesempatan kali ini saya akan membahas mengenai alat-alat yang digunakan dalam dunia otomotif selain itu dari adanya alat ia juga mempunyai fungsi yang luar biasa. Dalam dunia bengkel dikenal ada dua jenis alat bantu kerja yaitu alat tangan dan alat mesin atau alat tenaga, kedua alat tersebut dibedakan atas tenaga penggeraknya di mana alat mesin untuk menggerakkannya menggunakan tenaga bantu dari mesin, sedangkan alat tangan menggunakan tenaga otot/tangan manusia.

Alat-alat untuk mengerjakan sesuatu yang berguna buat memperbaiki motor atau mobil maupun yang berhubungan dengan bengkel otomotif. Tentunya perlengkapan pasti dipergunakan dalam dunia perbengkelan atau otomotif, tanpa alat bengkel atau suatu usahanya pasti tentu macet, maksudnya alat perlengkapan bengkel mampu menunjang dunia perbengkelan buat selalu bekerja tanpa khawatir akan kelambatan kinerjanya, meski difokuskan pada produk barang namun bisa bekerjasama dalam menciptakan sesuatu perkara baru dalam penggunaan alat bengkel, semisal produksi alat peraga mobil itu sangat bermanfaat untuk kita dan di dunia pendidikan pun membutuhkan itu. Banyak sekali peralatan yang digunakan untuk perbengkelan dan di gunakan sesuai jenis alatnya. Berikut dibawah ini adalah beberapa alat bengkel lengkap dengan fungsinya.

Kunci pas

Kunci pas digunakan untuk mengencangkan dan melepas baut dan mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya atau kepala baut dan mur yang telah dilonggarkan dengan kunci ring. Dengan ukuran tertentu sesuai dengan ukuran kepala baut. Kunci pas dibuat dari bahan baja tensil tinggi yaitu logam paduan chrome vanadium, kunci ini mepunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing masing ujung yang membuat sudut 15 derajat terhadap tangkainya.

Kunci Ring

Berfungsi untuk mengencangkan atau mengendurkan baut dan mur yang berbentuk segi enam atau heksagonal. Jenis baut atau mur ini adalah yang paling banyak digunakan baik dalam kendaraan, alat-alat eketronik. Kunci pas ring ini memiliki ukuran metric dengan kombinasi, misalnya 6 dan 7, 8 dan 9, 10 dan 11, 12 dan 13 satuan ukuran adalah mm.

Pada satu set kunci socket mempunyai berbagai macam ukuran, untuk memutarkan socket pada kunci ini digunakan batang pemutar khusus yang dimaksudkan pada kunci socket. Pada bagian socket kunci ini mempunyai sudut segi.

Tang Cucut

Bentuknya mirip ikan cucut: moncong pipih, panjang, dan berbentuk gergaji. Sebab itu, tang ini dikenal sebagai “tang cucut”. Berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel. Namun Anda dapat memanfaatkan bagian dalam rahang yang tajam sebagai pemotong kabel. Tang Kombinasi (Multi Purpose Plier). Berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel dan dapat dimanfaatkan bagian dalam rahang yang tajam sebagai pemotong kabel.

Tang Kombinasi

Ujung rahang yang bergerigi rapat, untuk menjepit kawat atau kabel. Di tengahnya, bagian yang bergerigi renggang, untuk mengunci mur. Rahang tajam sebagai pemotong kawat dan kabel.

Tang sudut

Fungsinya untuk menjepit kawat dan kabel yang sulit dijangkau, seperti di kolong meja. Moncong rahang memiliki sudut kemiringan 45derajat. Fungsinya untuk menjepit kawat dan kabel yang sulit dijangkau, seperti di kolong meja. Kelemahannya, hanya cocok untuk bagian dengan sudut kemiringan 45 derajat.

Obeng dalam satuan set dalam ukuran dan bentuk penggerak yang berbeda, panjang, pendek, sangat pendek (buntung). Obeng terdiri dari batang yang terbuat dari baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada satu ujungnya dan gagang terbuat dari plastik/kayu yang dicetak pada batangnya.

Obeng Elektrik

Fungsi dari obeng adalah untuk memasang dan melepas sekrup dari komponen-komponen. Ada 3 jenis obeng yaitu obeng biasa, obeng offset, dan obeng tumbuk (obeng ketok). Sedangkan bila ditinjau dari penampangnya, dibedakan menjadi 2 yaitu obeng pipih (-/min) dan obeng plus (+/kembang/bintang/philip).

Obeng biasa terdiri dari tangkai dan bilah obeng. Obeng biasa digunakan untuk mengendorkan / mengencangkan sekrup atau baut sesuai ukurannya. Obeng offset mempunyai bilah yang sekaligus sebagai tangkainya dan mata pada kedua ujungnya berbentuk kembang/+/ bintang / philip / atau pipih/-/minus. Obeng offset berfungsi untuk mengencangkan baut dengan kepala beralur atau sekrup yang letaknya tidak dapat dijangkau oleh jenis obeng biasa. Obeng ketok berfungsi untuk mengeraskan/mengendorkan baut kepala yang beralur atau sekrup yang momen pengencangannya relatif lebih tinggi. Obeng ini terdiri dari tangkai dan bilah yang dapat dilepas. Bila digunakan, pilihlah bilah obeng ketok yang sesuai dengan ukuran dan bentuk sekrup atau bautnya.

Nah, itulah Fungsi Obeng. Kalau Fungsi Obeng Listrik adalah hampir sama seperti pengertian obeng pada umumnya, tapi jika obeng listrik fungsinya lebih ke tahan arus listrik. sehingga penggunaanya aman. Nah, Untuk Obeng Listrik ini, Wijayaelektrik.com sudah menjualnya loh. Mau tau seperti apa bentuknya? ini dia nih bentuknya.

Kikir

Kikir adalah alat yang digunakan untuk mempertajam suatu benda seperti Gergaji atau untuk memperhalus suatu benda kerja. Kikir terdapat beberapa bentuk antara lain : kikir persegi, kikir persegi panjang, kikir segitiga, kikir bulat, kikir setengah bulat, dan kikir lonjong. Untuk menghaluskan atau mengikir permukaan benda terutama yang terbuat dari kayu.

Kuas

Untuk mengolesi permukaan benda dalam keadaan rapat/berkarat agar licin sehingga dapat diselesaikan dengan dengan mudah, seperti pelepasan mur yang berkarat dari bautnya. Alat ini dilengkapi dengan bulu-bulu sintetis pada ujungnya dimana fungsinya adalah untuk meratakan. Fungsi kuas cat sendiri adalah untuk membantu aplikasi cat pada suatu bidang. Pemanfaatan kuas cat tidak hanya terbatas untuk mengaplikasikan cat saja, tetapi alat ini juga banyak dimanfaatkan untuk tujuan lain seperti misalnya untuk membersihkan perkakas dari kotoran atau debu, membantu mengaplikasi pelumas dan sebagainya.

Ada banyak sekali jenis dan ukuran kuas cat yang ada di pasaran saat ini, dimana setiap jenis dan ukurannya memiliki fungsi dan hasil kerja yang berbeda antara satu dengan lainnya. misalnya untuk pengecatan bidang datar yang luas, Anda dapat melakukan menggunakan kuas besar dan menyapukan ujung kuas dengan arah horizontal atau vertikal. Namun untuk hasil yang optimal, pastikan Anda konsisten satu arah. Mengecat dengan bantuan kuas cat memberikan tingkat ketelitian yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan mengecat dengan menggunakan roller, karena itulah untuk pengecatan bidang-bidang yang sulit dan tidak rata, kuas cat lebih direkomendasikan.

Penitik

Fungsinya untuk membuat tanda atau titik pada suatu benda dalam proses pengukuran.

Solder

 

Salah satu Fungsi Solder Listrik adalah untuk membantu membongkar atau merakit rangkaian elektronika yang terdapat pada sebuah papan pcb. Solder sendiri adalah alat elektronika yang dapat merubah energi listrik menjadi sebuah energi panas. Untuk cara Kerja Solder Listriknya sendiri yaitu dengan mencolokkan steker pada ujung kabel ke stop kontak. lalu tunggu sampai ujung kepala solder menjadi panas. Untuk menyolder timah dalam prose penyolderan atau pemasangan komponen. Nah, itulah beberapa nama alat yang sudah disediakan diatas. Sekian dan terima kasih. Semoga ini dapat digunakan dengan baik ya. (Sumber: An-t.b.c/ To.c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top