Otomotif

Lakukan 5 Langkah Ini Agar Radiator Awet Dan Tahan Lama

Salah satu komponen penting dalam sebuah mobil adalah radiator. Sebab jika rusak atau mengalami masalah, mesin akan cepat panas atau disebut overheat. Radiator adalah alat penukar panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya yang tujuannya untuk mendinginkan maupun memanaskan. Radiator yang kita kenal pada umumnya digunakan pada kendaraan bermotor (roda dua atau roda empat), namun tidak jarang radiator juga digunakan pada mesin yang memerlukan pendinginan ekstra.

Seperti pada mesin-mesin produksi atau mesin lainnya yang bekerja dalam kondisi kerja berat atau lama. Pada kendaraan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi system pendinginan. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan mesin. Radiator terdiri dari tangki air bagian atas (upper tank), tangki bagian bawah (lower water tank) dan radiator core pada bagian tengahnya.

Jika radiator bermasalah, bukan tidak mungkin hal ini akan merembet ke komponen lainnya, termasuk mengakibatkan turun mesin. Bahkan ongkos perbaikan gara-gara masalah radiator bisa mencapai puluhan juta. Nah berikut ini lima tips agar radiator tetap awet, yaitu:

Pertama. Tak dapat dipungkiri air radiator rentan terhadap kotoran. Jika dibiarkan hal itu dapat mengendap membentuk gumpalan yang dapat menghambat saluran radiator ke mesin mobil. Karena itu, air radiator harus diganti secara berkala mengikuti buku manual pada mobil yang disediakan oleh pabrikan. Perlu dicatat, sebelum melakukan penggantian air radiator, Anda perlu menguras air radiatornya terlebih dahulu.

Kedua. Periksa selang radiator. Selang radiator berfungsi untuk menghubungkan radiator ke mesin mobil. Kebanyakan selang radiator terbuat dari bahan karet tahan panas karena bagian ini sangat sering terkontaminasi dengan panasnya mesin. Meskipun begitu, karet ini tidak selamanya mampu menahan panas dari mesin mobil. Apalagi kalau mesinnya sering overheat, otomatis selang radiatornya bisa mengeras secara perlahan dan akhirnya retak.

Apabila selang radiator retak, tidak ada lagi komponen yang dapat menetralisir panas. Akibatnya komponen lain juga pasti akan rusak. Periksa keadaan selang radiator secara berkala. Kalau perlu, gantilah selang radiatornya jika sudah berumur.

Ketiga. Memeriksa tutup radiator. Setiap radiator memiliki seal atau karet pada bagian penutupnya. Fungsinya untuk mengencangkan bagian penutup radiator. Rusaknya tutup radiator dan seal akan menyebabkan sirkulasi air panas dari radiator ke bagian reservoir terhambat. Sehingga air panas tersebut akan dikirimkan kembali ke bagian mesin. Akibatnya suhu di dalam radiator dan mesin mobil meningkat secara perlahan. Sebaiknya periksa bagian tutup radiator secara berkala. Periksa juga apakah seal nya masih kenyal atau tidak. Kalau sudah rusak, terpaksa Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Keempat. Periksa klem selang radiator. Klem selang radiator berfungsi untuk mengikat selang radiator dengan pilar radiator agar posisi keduanya tetap rapat. Apabila klem selang radiator mulai longgar, air radiator menjadi mudah merembes ke bagian mesin dan komponen AC lainnya. Akibatnya mesin dan komponen AC akan rentan terhadap kerusakan. Anda bisa memeriksa bagian klem bersamaan dengan tutup radiator, selang radiator, dan air radiator. Apabila klemnya mulai longgar, kencangkan ikatannya.

Kelima. Periksa kipas pendingin radiator. Kipas radiator berfungsi untuk menetralisir panas. Pada mesin mobil, kipas radiator berguna untuk menghindari mesin dari namanya overheating. Kipas pendingin dapat bekerja secara otomatis setiap kali mesin berada pada suhu kerja yang sesungguhnya. Jadi, Anda dapat memastikan kipas pendingin bekerja atau tidak dengan melihat putaran kipasnya.

Nah agar radiator awet dan lama, jangan lupa lakukan tips di atas ya….

Sumber: L6

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top