Otomotif

Deretan Teknologi Otomotif Terbaru Dan Canggih

Seiring dengan perkembangan pesat teknologi terbaru, dunia otomotif pun juga turut mengalami kemajuan drastis. Setiap tahun, selalu saja ditemukan inovasi-inovasi baru yang dikeluarkan dalam industri otomotif. Misalnya salah satu teknologi canggih mobil masa depan yang bisa berjalan sendiri tanpa supir, mobil bisa berganti warna, hingga wacana mobil terbang yang katanya akan segera hadir pada tahun 2017 nanti. Keren banget bukan?

Perkembangan teknologi tersebut seiring dengan kebutuhan pasar yang semakin kompleks dan kemudian direspons dengan terobosan baru dan mutakhir yang dilakukan oleh para produsen otomotif. Namun sayang, karena adanya beberapa hambatan yang tak memungkinkan untuk pengaplikasian teknologi tersebut, maka para konsumen otomotif harus bersabar hingga pada waktunya nanti teknologi tersebut bisa digunakan.

Pengertian Otomotif

Otomotif adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang mesin kendaraan bermotor seperti mobil dan motor. Otomotif memiliki berbagai cabang ilmu yang lebih spesifik mengenai bagian-bagian sistem yang terdapat pada kendaraan bermotor. Otomotif juga memiliki berbagai disiplin ilmu yang lebih spesifik tentang komponen dari sistem yang terkandung dalam kendaraan bermotor.

Dalam arti lain, juga ilmu mesin untuk kendaraan bermotor, seperti mobil dan sepeda motor. Terkait dengan dua utama seperti antara lain tentang Accu, baterai, ban, mesin, jok, dll. Ini akan menyenangkan jika kita bisa mengendarai kendaraan dengan model yang kita sukai. Saat ini, ada berbagai model mobil yang bisa menjadi pilihan konsumen. Konsumen dimanjakan dengan banyak pilihan yang tersedia.

Pengertian otomotif bagi masyarakat awam sangat dikaitkan erat dengan sesuatu yang berhubungan dengan mobil. Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa otomotif pokoknya hal-hal yang berhubungan erat dengan kendaraan atau alat transportasi. Memang ada sedikit hububugannya antara istilah otomotif dan dunia transportasi. Namun tidak hanya sebatas itu saja. Istilah otomotif mempunyai cakupan yang lebih luas daripada apa yang ada di pikiran sebagian besar masyarakat awam tentang pengertian otomotif.

Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan sistem dan subsistem. Oleh karena itu, otomotif pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem tersebut. Untuk menjaga mobil dapat berfungsi dengan baik, dibutuhkan service secara teratur (berkala).

Pekerjaan service berkala sebaiknya dilakukan oleh mekanik berpengalaman sesuai standar prosedur yang dilakukan oleh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dan sesuai jenis kendaraan yang dirawat serta kilometer yang telah dicapai. Juga diperlukan Spooring yang menggunakan computerized alignment yang sangat akurasi dan didukung oleh operator yang sangat berpengalaman. Tools lain yang digunakan adalah Star Diagnostic dan Multi Scanner yang berfungsi untuk membaca dan melacak aspek kesalahan pada berbagai merk dan jenis kendaraan yang pengoperasiannya didukung oleh operator yang ahli.

Teknologi Otomotif Terbaru

Tapi untuk mengembangkan semua teknologi yang super canggih membutuhkan kesabaran yang tinggi. Di bawah ini adalah contoh teknologi mobil masa yang sudah dalam masa pengerjaan:

1. Baterai Hibrida Berukuran Kecil

Dari tahun ke tahun teknologi Baterai masih menjadi persoalan dalam mengembangkan mobil hibrida karena ukurannya yang cukup besar. Perusahaan Chevy Volt dan Nissan Leaf menjadi contoh bagi pengembangan baterai dengan mengganti baterai konvensional atau jenis lama dengan bahan lithium superionic conductors atau thio-LISICONs (solid ceramic material containing lithium, germanium, sulfur dan phosphorous) dengan tujuan untuk mengurangi berat dan ukuran baterai.

Baterai tersebut diberi bernama Sakti3 & Planar Energy, GM selaku pengawas dan pemangku kepentingan di balik Sakti3 mengklaim dapat mewujudkannya dalam waktu lima tahun ke depan. Dengan demikian ruang dalam mobil hibrida atau hybrid akan lebih lega, dan tetap memiliki daya tempuh yang sama.

2. Perangkat Sistem Pembakaran Bermasa Pakai Panjang

Mercedes-Benz telah melakukan penelitian bahwa busi konvensional atau busi model lama sebenarnya kewalahan dalam melakukan pembakaran bahan bakar, sehingga mengakibatkan gas buang yang berlebih. Para ilmuwan di Marcedes-Bens melakukan uji coba dengan menggunakan sejumlah busi yang lebih untuk pembakaran kompresi tinggi pada mesin 3,5 liter V6. Hasilnya pembakaran lebih sempurna dan sistem pengapian yang lebih berumur panjang dan tentunya hemat bahan bakar hingga 10 persen.

3. Mesin Kecil Dengan Performa Tinggi

Belakangan ini banyak perusahaan mobil yang membuat mesin hemat BBM contohnya, BMW dan Mercedes-Benz yang mulai mengenalkan ulang mesin empat silinder yang di klaim lebih hemat BBM, yang sepemikiran dengan perusahaan mobil Volvo. Sementara itu, Ford dan GM sedang asik menguji coba penggunaan mesin 1.000 cc dengan tiga silinder yang dipadukan dengan turbocharger dan ‘direct injection’.

Mesin berkapasitas kecil dan hemat bahan bakar ini sanggup bekerja keras dan punya performa tinggi. Seperti halnya mobil di indonesia yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun dan masih banyak lagi.

4. Pemanfaatan Energi Panas Hasil Pembuangan

Sebuah penelitian menunjukkan jika sepertiga energi dari bahan bakar pada mesin membuat panas yang dihasilkan terbuang secara sia-sia. Sejauh ini, sudah banyak pengembangan dan penggunaan teknologi canggih seperti teknologi turbocharger, turbocompounding (memanfaatkan turbin pada saluran pembuangan untuk menggerakkan crankshaft). Ada juga pabrikan BMW dan Honda yang mengembangkan pemanfaatan energi panas dari sisa pembakaran pada mesin.

Terakhir, BMW sendiri mengembangkan apa yang dipakai NASA dalam pemanasan semikonduktor hasil gas buang mesin dan selanjutnya menghasilkan listrik selama akselerasi, yang kemudian dapat dimanfaatkan dalam meregenerasi listrik lagi saat pengereman.

5. Ban Yang Otomatis Bisa Isi Angin Sendiri

Salah satu Perusahaan Ban terbesar yaitu Goodyear sudah mengembangkan produk Air Maintenance Technology (AMT) atau ban yang dapat mengisi angin sendiri secara otomatis, ajaib ya. Teknologi ini dapat terjadi karena adanya rongga kecil yang terhubung ke semacam ban dalam yang ditempelkan di dinding dalam ban utama.

Jika ban dalam keadaan berputar, maka secara otomatis angin akan masuk melalui pintu pengontrol serta memenuhi ban dalam yang kecil tersebut dan menyebarkannya agar seimbang dengan demikian konstruksi ban menjadi kokoh. Kapasitas angin yang masuk ke dalam ban akan penuh secara otomatis sesuai kebutuhan. Gimana? Nggak terbayangkan kalau dunia otomotif begitu canggihnya.

6. Cloud Computing Pada Mobil

Saat ini teknologi cloud computing dan sistem pengenal suara sedang berkembang dengan pesat. Salah satu perusahaan mobil yang akan memakai teknologi ini adalah Perusahaan Ford yang mengembangkan perangkat informasi dan tidak cuma membuat pengendaranya tahu soal kondisi lalu lintas, batas kecepatan, dan petunjuk agar terbebas dari daerah yang macet. Perusahaan Ford ini juga akan bekerjasama dengan perusahaan Apple untuk memanfaatkan internet dan jaringan sosialnya dengan tujuan dapat melihat jalur lalulintas dengan jelas.

Gimana? Super canggih kan perkembangan otomotif yang ada diatas. Untuk itu demikianlah penjelasan diatas semoga artikel ini memberi manfaat baik bagi pembaca.

Sumber : HC. IBC.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top