Olahraga

Ternyata, Olahraga Futsal Malam Hari Itu Tidak Baik

Terkadang, padatnya jam kerja sering membuat kita jarang sekali untuk olahraga di pagi atau di sore harinya, sehingga jalan satu-satunya yang dipilih untuk olahraga adalah malam hari.

Namun, apakah olahraga di malam hari itu baik untuk kesehatan atau tidak? Bagi kesehatan ternyata olahraga malam justru kurang baik untuk kesehatan tubuh manusia tapi hal ini belum tentu 100% kebenarannya, entah hanya mitos atau fakta.

Ternyata, bahaya olahraga tengah malam juga harus kita waspadai, karena kita tidak boleh anggap remeh tentang urusan kesehatan tubuh kita.

Memang agak bertolak belakang, katanya berolahraga itu dapatmenyehatkan dan dapat menjaga kebugaran tubuh, dapat membakar lemak yang berlebihan, bisa juga untuk diet sehat.

Nah, mengapa olahraga malam hari justru dapat menimbulkan efek samping atau bahaya yang cukup diperhitungkan. Mengapa demikian? Berikut jawabannya.

Dibawah ini adalah beberapa point-point tentang efek atau bahaya olahraga tengah malam hari yang perlu kita waspadai khususnya bagi anda yang suka dengan main futsal.

Namun, sekali lagi kami ingatkan bahwa hal ini juga belum tentu benar adanya atau mungkin hanya sekedar mitos belaka. Alangkah bainya untuk anda yang hobi olahraga malam hari juga memperthitungkan hal ini, karena untuk urusan kesehatan jangan pernah anggap remeh.

1. Gangguan Pernapasan

Konon katanya, jika berolahraga pada malam hari dapat memicu terjadinya gangguan pernapasan, namun hal ini cukup masuk akal sih karena banyak yang telah merasakan efek samping dari bermain futsal pada malam hari.

Itu disebabkan karena oksigen pada saat malam hari lebih sedikit jika dibandingkan dengan pagi atau sore hari dan yang paling penting adalah udara pada saat malam hari juga tidak baik untuk kesehatan paru-paru kita.

2. Daya Tahan Tubuh Berkurang

Jika aktifitas anda pada siang hari dibilang padat, ditambah lagi denga aktifitas olahraga malam secara rutin atau terus-menerus maka bukan akan menimbulkan efek baik, namun malah akan membuat daya tahan tubuh anda semakin berkurang.

Menurut riset, orang yang sering melakukan olahraga pada saat malam hari akan lebih mudah jatuh sakit dibandingakan dengan orang yang tidak berolahraga pada malam hari.

3. Menyebabkan Nyeri Sendi

Tak banyak penjelasan mengenai hal ini, namun secara pengalaman hal ini juga dapat diperhitungkan kebenarannya karena banyak pemain futsal yang melakukan olahraga malam hari akan lebih mudah nyeri pada bagian persendian tulang belakang, entah itu disebabkan karena udara yang sudah tak cocok lagi untuk melakukan aktifitas olahraga.

4. Menyebabkan Insomnia

Insomnia adalah salah satu penyakit susah tidur. Banyak orang yang mengatakan bahwa jika telah melakukan olahraga pada saat malam hari, maka keadaan fisik akan menjadi normal seperti layaknya siang hari.

Sehingga dampak dari hal tersebut dapat membuat orang untuk susah tidur. Namun, hal ini masih kurang masuk akal dan hanya sekedar mitos belaka.

Karena, jika keadaan tubuh sudah merasa lelah setelah berolahraga maka akan memicu rasa kantuk dan rasa ingin beristirahat dengan cepat.

5. Lebih Mudah Cidera dan Terluka

Memang, jika bermain futsal pada malam hari walau sudah melakukan pemanasan dipinggir lapangan bukan berarti insiden yang tidak diinginkan seperti terpeleset atau jatuh bisa dihindari.

Hal ini disebabkan karena faktor tubuh yang kurang mumpuni jika untuk melakukan aktifitas yang membutuhkan tenaga ekstra. Karena malam hari adalah waktunya untuk istirahat bukan untuk berkatifitasa yang cukup menguras tenaga.

6. Hormon Berkurang

Untuk anda yang sudah memiliki istri atau pasangan hidup, lebih baik untuk mengurangi aktifitas olahraga pada malam hari karena faktor kecapekan membuat hormon untuk melakukan hal tersebut akan sedikit menurun dan bisa membuat istri anda jadi mengeluh kepada anda.

Jadi, waktu olahraga yang paling baik adalah di pagi hari ketika bangun tidur. Selain itu juga olahraga dapat dilakukan pada sore hari sebelum matahari tenggelam. Jika anda terpaksa melakukan olahraga pada malam hari, sebaiknya jangan terlalu sering ya.

(Sumber : KL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top