Olahraga

Pengertian dan Peraturan dalam Permainan Sepak Takraw

Permainan Sepak Takraw ini merupakan salah satu cabang olahraga yang belum memasyarakat dan belum menjadi kegemaran semua orang dari segi lapisan manapun. Sepak takraw adalah olahraga permainan bola, yang merupakan kombinasi dari permainan sepak bola dan bola voli. Dalam permainan bola ini, biasanya akan dimainkan oleh 2 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 3 personil.

Permainan Sepak Takraw baru merambah kepada masyarakat lapisan menengah ke bawah. Hal ini disebabkan permainan ini sulit dilakukan, berisiko cedera atau sakit lebih besar dan masih ada kelompok masyarakat yang menganggap permainan Sepak Takraw sebagai olahraga yang kasar. Ada banyak sekali cabang olahraga yang ada di dunia baik olahraga tersebut dimainkan dalam kejuaraan ataupun tidak.

Peraturan dasar

Permainan Sepak Takraw secara internasional telah membentuk induk organisasi tingkat asia sejak 1982, yang perkembangannya secara internasional sekarang ini sangat hebat. Tidak hanya negara-negara Asia Tenggara yang mengembangkan olahraga ini, tapi hampir seluruh bangsa di dunia ini mengembangkan permainan Sepak Takraw, seperti Amerika, Australia, dan sebagainya.

Olahraga ini berbeda dari jenis olahraga bola lainnya adalah penggunaan bola dalam olah raga yang satu ini. Jika dalam olahraga bola lainnya bola dibuat dari bahan dasar karet, dalam olahraga sepak raga ini, bola terbuat dari anyaman rotan, yang dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk sebuah bola. Olahraga yang satu ini sendiri juga memiliki tingkat kejuaraan dunia yang diadakan secara berkala.

Salah satu cabang olahraga tersebut adalah sepak takraw yang merupakan penggabungan olahraga voli dan juga sepak bola. Dimana aturan dasar dari cabang olahraga ini adalah pemain tidak boleh sama sekali menyentuh bola dengan tangannya. Hal tersebut yang membedakannya karena sekilas olahraga ini akan dilihat seperti bola voli tetapi yang menjadi perbedaan yang mendasar adalah para pemain yang tidak boleh menyentuh bolanya ketika sedang dalam pertandingannya menggunakan tangan.

Adapun peraturan dasar dari permainan bola yang satu ini, antara lain adalah:

Pertandingan dan atau permainan dilakukan oleh 2 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 3 personil, dengan posisi yang tetap dan tidak berputar.Setiap pemain atau tip, hanya memiliki hak untuk menyentuh bola sebanyak 3 kali secara berturut-turut. Bola hanya boleh di sepak dengan menggunakan kaki dan tidak boleh disentuh dengan tangan.

Jumlah Pemain

Sebelum permainan dimulai, wasit melakukan undian (Toss) dengan mempergunakan uang logam (toss of coin) untuk memilih bola atau tempat. Permainan dipimpin oleh seorang wasit dan seorang pembantu wasit (wasit II) dengan dibantu oleh 6 orang penjaga garis (lines man) yang duduk di 4 penjuru lapangan.

Regu yang memilih bola yang pertama memulai permainan (set) pertama, selanjutnya pemenang game (set) pertama memulai permainan set kedua. Untuk pemain tekong mempunyai tugas sebagai mengawali pertandingan, dan untuk mengumpan bola menjadi tugas dari apit kanan dan kiri.

Luas lapangan

Lapangan sepaktakraw seukuran dengan lapangan badminton; 13,40m x 6,10m. Takraw dapat dimainkan di dalam gedung dan juga dapat di luar gedung. Apabila dimainkan didalam gedung maka tinggiloteng minimal 8 m dari lantai. Keempat sisi lapangan ditandai dengan cat atau lakban yang lebarnya 4 cm, diukur dari pinggir sebelah luar:

  • Area bebas : adalah minimal 3 meter dari garis luar lapangan harus bebas rintangan. (lihat gambar)
  • Center Line : adalah garis tengah dengan lebar 2 cm
  • Quarter Circle : adalah garis seperempat lingkaran dipojok garis tengah dengan radius 90 cm diukur dari garis sebelah dalam sbb:
  • The Service Circle : adalah lingkaran servis dengan radius 30cm berada ditengah lapangan, jarak dari garis belakang 2,45 M dan jarak dari titik tengah garis lingkaran kegaris tengah (centre line) 4,25 m, jarak titik tengah lingkaran adalah 3,05 meter dari kiri dan kanan garis pinggir lapangan.

 

Angka dalam pertandingan

Aturan dasar yang terakhir untuk pertandingan sepak takraw adalah cara menghitung angka. Dimana untuk angka kemenangan adalah 21 sehingga ketika tim pertama yang telah menjadi angka 21 maka ia dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini sendiri hanya mempunyai dua set saja sehingga setiap tim yang berhasil mempunyai dua angka dapat menjadi pemenang kecuali seri dan harus dilanjutkan dengan babak penentuan.

Kesalaha, Pelanggaran untuk kedua regu dalam permainan

  • Menginjak garis tengah.
  • Bola jatuh di dalam lapangan sendiri atau di luar lapangan.
  • Bola menyentuh jaring dan tidak masuk lapangan lawan.
  • Bola mengenai tangan atau lengan.
  • Mengepit bola.
  • Memegang jaring atau tiang jaring.
  • Memainkan bola lebih dari 3 kali berturu-turut.
  • Memasuki lapangan lawan.
  • Menahan kawan dari menyentuh jaring, tiang jaring, bangku wasit. (Sumber : T.o.c)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top