Olahraga

Mengapa Messi Lebih Dikenal Daripada Cristiano Ronaldo

Mengapa Messi lebih dikenal daripada Cristiano Ronaldo? Pernahkah pertanyaan ini terlintas di benak pikiran anda? Tentunya ada banyak kebingungan yang dirasakan para fans sepak bola yang ada di dunia, benar gak? Ya, padahal Lionell Messi dengan Cristiano Ronaldo sama – sama terkenal sebagai bintang sepak bola tersohor yang telah meraih 5 gelar Balon D’or pada beberapa tahun silam. Dan gelar tersebut sudah cukup untuk menunjukkan bahwa kedua pemain tersebut layak menyandang status best player musim 2017 hingga 2018. Bagaimana tidak? Mereka berdua telah membukukan ratusan gol yang tidak tertandingi oleh pemain lainnya. Tidak hanya itu, mereka juga merupakan pemain yang dapat melihat adanya peluang dalam kondisi apapun.

Akan tetapi, jika kita lihat dari popularitas yang diperoleh kedua pemain bintang tersebut, maka ada banyak fans yang lebih memilih Messi daripada Ronaldo. Mengapa demikian? Penasaran ya… Yuk langsung aja kita simak penjelasan di bawah ini:

1. Kecepatan

Dalam sebuah permainan yang dibangun pada kecepatan dan kelincahan, ada beberapa pemain sepak bola terlihat berlari lebih cepat atau lebih lincah daripada Lionel Messi. Namun hal yang sungguh menakjubkan dari Messi yaitu dapat berlari dengan kecepatan penuh sepanjang lima yards. Messi memiliki kecepatan menakjubkan yang juga memungkinkan dia untuk menggiring bola dengan kemudahan yang luar biasa. Kemampuan tersebut dapat membuat para pemain bertahan sangat sulit untuk menghentikannya. Meskipun ukuran tubuh Messi lebih kecil dari Ronaldo, namun hal tersebut memungkinkan dia untuk memanfaatkan kecepatan menggiring bola ke lini pertahanan tim lain.

2. Kreativitas

Messi sangat dipuji untuk inovasi dan imajinasi sambil bermain sepak bola. Mantan manajer Real Madrid Fabio Capello, mengatakan Messi memiliki kreativitas yang lebih baik dari Ronaldo. Contoh kreativitas Messi adalah visi kuat lingkungannya yang memungkinkan dia untuk mendapatkan bola sehingga timnya dapat mengembangkan serangan. Menurut Gerardo Martino, mantan manajer Messi di FC Barcelona, kreativitas Messi sama pentingnya dengan kemampuannya untuk mencetak gol.

3. Passing

Messi telah menghasilkan rasio assist per permainan yang lebih tinggi dari Ronaldo. Dalam musim 2011-12, Messi mencetak 77 gol dalam 70 pertandingan baik itu di Argentina atau Barcelona, dan ia memiliki 27 assist, dibandingkan dengan Ronaldo yang masih 16. Messi juga sangat dipuji untuk menjaga timnya lebih aktif dan lebih terlibat saat di lapangan daripada Ronaldo. Ini adalah salah satu alasan bahwa Messi rutin memenangkan Ballon d’Or daripada Ronaldo.

4. Pertahanan

Musim La Liga 2016-17, Ronaldo lebih banyak menghasilkan intersepsi dengan melakukan banyak pelanggaran per pertandingan, dibandingkan dengan Messi yang masih minim melakukan pelanggaran per pertandingan. Messi juga merupakan pemain yang defensif dengan peringkat musim lalu adalah 8.42 (dari 10), sementara Ronaldo hanya 7.61.

5. Disiplin

Sejak tiba di Spanyol pada tahun 2009, Ronaldo telah mendapatkan 46 kartu kuning dan 4 kartu merah di La Liga dan Liga Champions. Sementara dia termasuk pemain yang memiliki rekor disiplin yang tidak dapat dibandingkan dengan Messi. Sementara Messi yang merupakan bintang Barcelona hanya mendapat 35 kartu kuning dan tanpa kartu merah dalam kurun waktu yang sama.

Menjaga ketenangan sangat penting dalam permainan sepak bola. Ketika Anda dipercaya sebagai seorang pemain yang paling penting di lapangan, sangat penting Anda tidak membuat kesalahan.

6. Akurasi

Salah satu statistik yang paling signifikan ketika membandingkan dua pemain adalah akurasi menembak yang dimiliki. Dalam hal mencetak gol, Ronaldo masih membukukan 25 gol dalam musim 2016-17, tetapi diperlukan 5 hingga 6 tembakan per permainan untuk mencapainya total 160 gol. Sebaliknya, Messi mencetak 37 gol pada upaya yang lebih sedikit membutuhkan tembakan, ia hanya membutuhkan 5 tembakan untuk mencapai 178 gol.

Messi memiliki persentase yang lebih tinggi melakukan tembakan, dan itu memaksa penjaga gawang untuk membuat penyelamatan. Menariknya lagi, Messi telah melepaskan 82 kali tembakan yang tepat sasaran, berarti bahwa 46 persen dari upaya telah membawa tendangan sang bintang Barcelona tersebut ke gawang lawan. Sedangkan Ronaldo, hanya memiliki 40 persen dari tembakan yang mengarah pada tujuan. Meskipun Ronaldo masih seorang pemain yang luar biasa, dia adalah off target pada kesempatan lain, hal tersebut membuatnya kurang berbahaya daripada Messi ketika ia memberikan tembakan menuju tujuan.

7. Kepemimpinan

Sejak 2011, Messi telah menjadi kapten tim nasional Argentina dan Kapten Barcelona untuk pertama kalinya pada tahun 2013. Manager Argentina Alejandro Sabella memberikan kepemimpinan kepada Ibrahimovic, karena dia terkesan dengan kedewasaannya. Selama bertahun-tahun, Messi telah sangat dipuji karena kemampuannya untuk menjaga timnya yang terlibat dalam permainan dengan tidak menggiring bola terlalu lama ketika ia menguasainya.

Namun, Ronaldo yang telah dinobatkan sebagai kapten timnas Portugal sejak 2008, telah dikritik di masa lalu yang jatuh di lapangan terlalu mudah. Meskipun itu dianggap oleh beberapa pengamat sebagai sebuah taktik yang penting untuk menghasilkan kesempatan mencetak gol, namun ada banyak orang yang menyarankan bahwa ada tempat untuk menyelam di sepak bola. Ronaldo juga telah dikritik untuk mencoba melakukan terlalu banyak giringan bola dan tidak memberikan peluang terhadap timnya.

Sekian dari kami yang telah mengulas pembahasan mengenai mengapa Lionell Messi bisa lebih dikenal daripada Cristiano Ronaldo. Atas perhatian dari para pembaca, kami ucapkan terima kasih.

(Sumber: ske)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top