Olahraga

Inilah Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Wanita Hamil

Selama kehamilan, organ-organ tubuh bekerja dua kali karena sekarang menopang kehamilan. Oleh karena itu, banyak ibu hamil mengalami mudah merasa lelah, sering sakit pinggang, mudah terkena sakit kepala, pusing dan sebagainya. Maka dari itu, jangan mengira kalau sedang hamil tak mau melakukan aktivitas apapun. Justru sebaliknya, ada masa dimana saat hamil olahraga itu penting.

Tentunya porsi dan jenis olahraga yang dilakukan berbeda ketika ibu tidak sedang hamil. Banyak manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan ketika selama kehamilan melakukan olahraga. Dengan olahraga bisa membantu memperbaiki mood ibu hamil, lebih nyaman ketika tidur, mengurangi rasa pegal-pegal dan sakit pinggang. Selain itu dengan berolahraga, diharapkan ibu hamil lebih siap ketika menghadapi persalinan, karena memiliki daya tahan dan otot-otot yang sudah terlatih. Tentu ada masa kapan olahraga boleh dilakukan oleh ibi hamil dan apa saja jenisnya. Di bawah ini ada 4 jenis olahraga untuk ibu hamil yang paling dianjurkan.

Berenang

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Berenang sangat baik sebab sangat bagus melatih otot otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang over weight. Selain itu olahraga berenang dapat menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Namun meskipun demikian disarankan ibu hamil setiap 15 menit sekali minum satu gelas air selama melakukan olahraga renang dan satu gelas setelah selesai. Olahraga berenang sendiri bisa dilakukan ibu hamil selama 30 menit dalam sehari.

Gaya dada cocok dilakukan oleh ibu hamil karena tidak membutuhkan banyak putaran seperti pada gaya bebas juga hanya membutuhkan tenaga yang minim. Selain itu gaya punggung juga baik dilakukan oleh ibu hamil saat renang karena air dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh dan dengan posisi terlentang menghindari resiko terganggunya aliran darah.

Senam

Olahraga senam merupakan olahraga yang paling dianjurkan hampir kepada semua wanita hami, khususnya bagi mereka dengan usia kandungan mulai 6,7,8 bulan. Senam ini dapat dilakukan dengan melihat rekaman video senam, ataupun juga ibu hamil dapat memilih untuk mengikuti di acara rutin senam yang khusus untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil, anda juga melakukan gerakan senam dengan sendirinya, misalnya: gerakan duduk, gerakan melatih otot dada, gerakan pemanasan dan terakhir gerakan pendinginan.

Yoga

Sama halnya dengan senam hamil, jika ibu hamil ingin melakukan yoga ada baiknya mengikuti kelas-kelas yoga dengan panduan ahli. Selain membantu kebugaran tubuh ibu hamil, kelebihan yoga adalah melatih pernapasan dan relaksasi ibu hamil yang sangat penting diperlukan saat persalinan nanti karena, pada saat persalinan nanti dibutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik dan ibu hamil yang rileks dan yoga bisa membantu mewujudkan itu. Relaksasi yang dihasilkan dari latihan yoga dapat membuat ibu hamil menjalani hari-harinya dengan tenang, juga mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan.

Gerakan wajah menyentuh lantai sangat baik untuk ibu hamil. Karena dengan melakukan gerakan ini dapat membantu kehamilan dengan bayi sungsang, bahkan menghindari persalinan dengan posisi bayi sungsang.

  • Ibu hamil dapat melakukan gerakan seperti orang yang sedang sujud dalam tata cara sholat.
  • Lakukan sedikitnya 5-10 menit, setiap ibu hamil bangun tidur di pagi hari.
  • Gerakan tersebut cocok untuk ibu hamil usia 8 dan 9 bulan.

Menari

Menari merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena dengan menari selain kita dapat mengekspreksikan diri kita juga dapat menghilangkan rasa strees. Bagi ibu hamil hal ini sangat dianjurkan, karena dapat menenangkan dan menyenangkan hati si ibu. Lakukanlah kegiatan menari ini diwaktu senggang, agar keadaan janin anda juga rileks. Latihan ini bisa kita mulai sejak kehamilan masa awal. Hanya saja lakukan seperlunya saja. Jangan memaksakan sebuah gerakan yang berbahaya.

Nikmatilah masa kehamilan dan perubahan tubuh anda karenanya, ingat kehamilan adalah masa paling indah hasil karunia Tuhan.

(Sumber: b.c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top