Olahraga

Ini Dia Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Olahraga yang dilakukan oleh para Ibu Hamil tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran sang ibu, namun jika para ibu hamil rutin dalam melakukan olahraga maka ini akan dapat membantu perkembangan janin menjadi lebih sehat karena mudahnya oksigen yang tersalur dalam tubuh.

Selain itu, olahraga juga dapat menjaga perasaan sang ibu tetap senang, tidak mudah stress dan juga agar tubuh tetap fit. Olahraga juga merupakan cara terbaik untuk ibu hamil dalam mempermudah proses persalinan. Nah, olahraga ibu hamil tentunya tidak sama dengan olahraga yang biasa kita lakukan. Berikut ini ada beberapa olahraga terbaik untuk para ibu hamil menurut para ahli.

1.  Berenang

Cara pertama yang terbaik untuk mengurangi adanya resiko kecelakaan saat hamil adalah dengan melakukan berenang. Dengan bantuan tekanan air, anda akan mudah bergerak dan merasa rileks dan dalam waktu yang bersamaan jantung pun akan bekerja lebih sehat.

2. Berjalan

Agar fisik ibu hamil tetap fit dan daya tahan tubuhnya terus terjaga, berjalan merupakan olahraga untuk ibu hamil yang paling baik. Menurut Dr. Rita Bakshi, yaitu seorang ahli kandungan di International Fertility Centre, New Delhi dengan berjalan kaki wanita hamil akan mampu melatih jantung janin agar lebih sehat.

Namun, kebanyakan berjalan juga dapat menimbulkan masalah pada ibu hamil dan biasanya masalah yang terjadi adalah pembengkakan pada kaki. Untuk itu, sangat dianjurkan berjalan kaki selama tiga kali dalam satu pekan dengan durasi waktu sekitar 30 menit. Jalan kaki juga dapat mengurangi waktu persalinan. Olahraga yang satu ini sangat baik dilakukan pada trisemester ketiga agar posisi janin masuk ke jalan lahir.

3. Kegel

Melakukan senam kegel sangatlah bermanfaat untuk melatih dan menguatkan otot-otot panggul. Senam peregangan yang satu ini akan membantu anda untuk melakukan persalinan lebih mudah. Tidak hanya itu, senam kegel juga sangat berguna untuk melatih otot di sekitar uretra, rahim, rektum dan juga kandung kemih. Untuk melakukan gerakannya, cukup dengan duduk atau berdiri dengan durasi 3 sampai 10 detik. Lakukan latihan tersebut selama 4 kali sehari.

4. Menari

Olahraga untuk Ibu Hamil selanjutnya adalah dengan menari. Siapa yang tidak suka menari? Menari merupakan hal menyenangkan yang dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk ibu hamil. Namun, menari untuk ibu hamil bukanlah seperti melompat-lompat yah, ini dikarenakan ibu hamil harus tetap menjaga kondisi kandungan mereka.

Menari santai sambil mengambil dan membuang nafas dapat anda lakukan di waktu senggang karena menari mampu membuat anda jauh lebih rileks dan membantu tubuh melepaskan hormone endorphin supaya anda tetap tenang dan senang.

5. Yoga

Biasanya, ibu hamil sangat rentan dengan kondisi mood yang dapat berubah-ubah, biasanya mereka jauh lebih sensitif dan tentunya mudah tegang apalagi saat waktu melahirkan tinggal menghitung beberapa minggu lagi. Yoga dapat menjadi pilihan terbaik anda sebagai olahraga saat hamil bahkan jika kondisi tubuh sedang letih atau tidak fit. Latihan yoga saat hamil tidak membutuhkan energi yang besar seperti olahraga lainnnya karena fungsinya adalah untuk mengurangi ketegangan, melancarkan persalinan dengan otot-otot yang tidak tegang serta yoga juga dapat meningkatkan mood anda.

6. Sepeda Statis

Cara lain untuk mengirim serta meningkatkan oksigen ke otak bayi selain dengan berjalan kaki adalah dengan mencoba sepeda statis. Biasanya ini dilakukan sekitar 10 atau 15 menit untuk kesehatan anda.

7. Latihan Aerobik

Berbeda dengan yoga yang tidak membutuhkan gerakan aktif, latihan aerobik akan membuat anda melakukan berbagai gerakan aktif. Menurut para ahli, ibu hamil yang ingin melakukan latihan tersebut dianjurkan untuk melakukan beberapa gerakan yang membuatnya merasa nyaman saja.

Nah, buat para ibu hamil tidak perlu merasa khawatir saat melakukan olahraga karena sekarang ibu hamil juga bisa melakukan olahraga, tapi tentunya dengan prosedur yang tepat juga. (sumber: rs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top