Olahraga

4 Pemain Bola Voli Terbaik Dan Terkenal Di Dunia

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga bola voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Tapi tahukah kamu siapa sajakah pemain bola voli terbaik dan terkenal di dunia ini? Berikut ini daftar nama-nama pemain bola voli terbaik dan terkenal di dunia sepanjang masa:

Giba

Giberto Amaury de Godoy Filho lebih dikenal dengan nama Giba yang lahir pada tangga 23 Desember 1976. Dia adalah seorang mantan pemain bola voli profesional di Brasil. Ia bermain sebagai spiker luar dan dianggap sebagai salah satu pemain bola voli terbaik di dunia, terutama selama tahun 2000-an. Giba bermain untuk Brasil selama tahun 1996 – 2012 dan dikenang karena ia telah memberikan kontribusi yang besar untuk memenangkan negaranya dalam permainan bola voli.

Giba memenangkan Piala Dunia pada tahun 2003, Liga Dunia delapan kali (2001, 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2009 dan 2010). Ia bermain untuk tim junior Brasil dan memenangkan Kejuaraan Amerika Selatan pada tahun 1994 dan menduduki posisi kedua di Kejuaraan Dunia FIVB tahun 1993. Timnya menjadi Juara Superliga pada tahun 1999-2000 dan 2001-2001 dan Juara Dunia tiga kali, yaitu pada tahun 2002, 2006 dan 2010. Dia terpilih sebagai MVP (Most Valued Player) pada tahun 2006.

Giba bukan hanya seorang pemain bola voli yang brilian, tapi juga memiliki keinginan yang kuat, daya tarik dan pengendalian yang membuat dia dicintai oleh semua penggemar voli. Dia selalu memotivasi semua tim Brasil untuk bermain dengan kemampuan yang terbaik. Brasil sampai hampir tak terkalahkan di tahun 2000-an dan itu semua berkat Giba.

Hugo Conte

Hugo Néstor Conte adalah pemain bola voli pensiunan dari Argentina yang lahir di Buenos Aires pada 14 April 1963. Dia bermain bola voli secara lintas di seluruh dunia selama lebih dari 16 tahun dan mewakili negara asalnya di 3 Olimpiade. Hugo Conte bermain untuk 3 negara yang berbeda, yaitu Argentina, Prancis dan Italia. Tapi sebagian besar di liga Italia.

Hugo Conte membantu Argentina memenangkan perunggu dalam Olimpiade Seoul tahun 1988 dan Kejuaraan Dunia Argentina tahun 1982. Bersama dengan tim Italia Santal Parma, mereka memenangkan Eropa Liga Champions pada tahun 1984. Hugo Conte diakui sebagai salah satu pemain bola voli yang paling cerdas dan terbaik di dunia di tim yang mencerminkan kemampuan briliannya. Bahkan namanya kemungkinan akan ditempatkan pada daftar nama pemain bola voli Argentina sampai bertahun-tahun yang akan datang.

Jimmy George

Jimmy George yang lahir pada 8 Maret 1955  dianggap salah satu pemain bola voli terbaik sepanjang masa. Dia adalah anggota dari tim voli nasional pria India dan pemain bola voli India pertama yang menjadi seorang profesional dan bermain voli di klub Italia. Ia lahir dari keluarga Kudakkachira yang terkenal dan belajar bermain olahraga dari ayahnya yang merupakan seorang mantan pemain tingkat universitas.

Jimmy George menerima semua penghargaan besar yang diinginkan oleh setiap atlet India. Pada usia 21, ia dihargai sebagai “Arjuna Award”. Pada tahun 1975, ia diberi G.V. Raja Award dan Manorama Award untuk Sportsman terbaik dari Kerala pada tahun berikutnya.

Jimmy George memberikan unsur-unsur baru untuk permainan bola voli di India. Dia adalah pemain yang sangat baik dengan memperhatikan kesempurnaan teknis. Dia akan selalu dikenang karena ia adalah orang pertama India yang menjadi pemain bola voli profesional. Dia adalah salah satu dari beberapa nama pemain bola voli terbaik sepanjang masa.

Josef Musil

Josef Musil lahir 3 Juli 1932 adalah mantan pemain bola voli Ceko. Ia dilahirkan di sebuah desa kecil bernama Kosteni Lhota. Musil berusia 19 tahun ketika ia bergabung dengan Nation Team Cekoslowakia. Musil membantu memenangkan sebanyak 2 medali Olimpiade pada tahun 1964 dan 1968 untuk Ceko, 5 medali Kejuaraan Dunia, dan 3 medali Kejuaraan Eropa pada tahun 1952 dan 1967. Ia juga memenangkan 7 kejuaraan Ceko dan 1 gelar Italia.

Dia dijuluki “Merited Master of Sport”  yang merupakan kehormatan tertinggi yang diberikan kepada atlet selama periode itu oleh mantan penguasa Ceko. FIVB juga menobatkannya sebagai salah satu dari pemain bola voli terbaik di abad ini. Josef Musil diakui sebagai setter lembut di dalam dan luar lapangan. Karakter pemalunya tidak mengurangi kehebatan timnya. Mereka tahu bahwa ia akan membawa mereka kepada kemenangan. Kesopanan dan seluruh kebaikannya membawanya menjadi apapun yang ia inginkan.

Itulah pemain-pemain bola voli terbaik dan terkenal di dunia yang harus kamu ketahui dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Sumber: Op, Id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top