Kuliner

Inilah Jajanan Kekinian Khas Thailand

Thailand kerap disebut-sebut sebagai surganya kuliner di kawasan Asia Tenggara. Sebutan ini memang sangat tepat disematkan, karena ada begitu banyak pilihan kuliner lezat di Thailand. Kalau bahas soal makanan, pasti kalian udah pada gak asing lagi sama makanan khas dari Thailand. Mulai dari Tom Yam, Pad Thai dan Mango Sticky Rice pasti sudah biasa banget kamu liat bahkan mungkin sudah pernah bahkan sering kamu coba.

Kuliner Thailand emang dekat banget sama kuliner Indonesia, jadi rasanya sangat bisa diterima di lidah lokal. Sebut aja Thai Mango, minuman smoothies mangga dengan campuran krim kocok, susu dan potongan buah mangga segar yang lagi kekinian banget. Padahal jajanan-jajanan khas Thailand yang lagi hits itu bisa banget dibikin sendiri di rumah. Nah, kira-kira apa saja jajanan kekinian khas Thailand tersebut? Silahkan simak di bawah ini.

Thai Tea

Thai tea asal Thailand punya rasa dan warna yang khas. Kini minuman bercitarasa manis ini makin populer dan banyak dijual di pusat perbelanjaan. Thai tea yang banyak dikenal juga dengan sebutan Thai iced tea (cha yen), sebenarnya dibuat dari seduhan kuat teh Ceylon. Teh asal Sri Lanka ini punya aroma unik dan menenangkan.

Namun karena tingginya harga teh Ceylon, versi teh Assam yang ditanam lokal di Thailand jadi penggantinya. Teh hitam ini disebut Bai Miang. Kebanyakan Thai tea memakai Bai Miang dengan tambahan pewarna merah dan oranye. Sebab warna oranye tua jadi ciri khas teh Thailand.

Thai tea juga mungkin memakai tambahan lain. Seperti air orange blossom, bunga lawang, biji asam yang dihancurkan, cengkih hingga kapulaga. Membuat teh ini punya rasa rempah enak yang membedakannya dari teh lain. Untuk rasa, Thai tea diberi citarasa manis dari gula dan susu kental manis. Kemudian teh diguyuri susu evaporated, santan atau susu full cream yang memberi tekstur creamy. Thai tea bisa disajikan dingin ataupun panas.

Sekarang ada pula varian Thai green tea yang biasa dijual bersama Thai tea. Minuman ini punya warna hijau dengan citarasa bunga melati kuat. Di restoran Thailand, umumnya teh disuguhkan dalam gelas kaca tinggi. Sementara di penjual kaki lima, teh ditempatkan dalam gelas plastik tinggi. Kemudian ada kantung plastik dengan pegangan untuk membawanya.

Beberapa waktu belakangan, Thai tea ikut populer di Indonesia. Jika sebelumnya teh ini cuma bisa ditemui di resto Thailand, sekarang banyak gerai Thai tea bermunculan di mall-mall. Salah satu pelopornya yaitu Dum Dum Thai Drinks yang menawarkan rasa otentik. Mengikuti konsep aslinya, Thai tea dijual dalam gelas tinggi lengkap dengan pegangan plastik. Pilihan rasanya termasuk Thai tea original maupun Thai green tea. Sedangkan kreasi unik bisa dicoba di Gambino. Tempat ini punya minuman paduan Thai tea dan cendol.

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice dalam Bahasa Thai disebut Khao Neeo Mamuang. Makanan ini adalah makanan pencuci mulut dengan bahan-bahan yang Andakhas yakni ketan putih, mangga dan santan. Ketan putih atau Khao Neow dalam Bahasa Thai, bentuknya seperti beras atau nasi dengan rasa yang lebih manis dan teksturnya lebih lengket jika dibandingkan dengan nasi.

Wujud Mango Sticky Rice ini berupa ketan putih yang ditambah dengan irisan mangga matang yang manis dan kemudian disiram dengan sedikit santan yang kental. Diatasnya lantas ditaburi dengan kacang kedelai yang diolah hingga renyah. Kombinasi ini terdengar agak aneh di telinga orang Indonesia yang belum pernah mencicipinya. Namun ternyata rasanya sungguh lezat dan membuat ketagihan.

Di Kota Bangkok, makanan pencuci mulut yang satu ini tergolong sebagai street food yang sangat mudah diperoleh. Di pinggir-pinggir jalan, banyak pedagang yang menjajakannya. Satu porsi Mango Sticky Rice ini harganya sekitar 50 baht saja. Saat ini kuliner khas Bangkok, Mango Sticky Rice bisa juga ditemukan di sejumlah restoran di Jakarta. Misalnya saja di Jittlada Restaurant, Thai Alley di Pacific Place Mall dan di White Elephant Lippo Mall Kemang. Namun tentu saja, menyantap dessert ini langsung di negara asalnya pasti lebih berkesan.

Durian Sticky Rice

Nggak beda jauh dengan dessert sebelumnya, Durian Sticky Rice bahannya hampir sama hanya saja buah utamanya diganti dengan durian. Kebayang nggak sih nikmatnya perpaduan nasi ketan yang pulen dan gurih manis dengan siraman santan susu? Makin sempurna dengan hadirnya durian Thailand yang lembut dan super yummy. Uhh, langsung buru-buru pengen bikin sendiri deh di rumah biar puas makannya. Yuk cek video tutorialnya berikut ini sebelum berangkat beli bahan-bahannya.

Thai Mango

Dessert kali ini temanya masih mangga tapi olahannya berbeda karena mangganya diolah jadi minuman yang sekarang lagi super hits di mana-mana. Mangga ini lagi kekinian banget, kalau mau beli konon antriannya bisa panjang banget. Kalau kamu pengen nyobain tapi di kotamu belum tersedia outlet minuman ini atau mungkin kamu mager di rumah. Maka coba bikin minuman fenomenal ini sendiri.

Bahannya simpel yang pasti harus ada smoothies mangga, es, krim kocok, air gula, susu dan potongan mangga segar. Pastikan mangga yang kamu pilih rasanya manis dan warnanya cerah biar rasa dan tampilan tak kalah jauh beda sama Mango Thai di mal-mal.

Rujak Thailand

Rujak adalah salah satu kuliner segar penggugah selera. Pada umumnya negara-negara di Asia Tenggara sudah tidak asing dengan makanan yang di negara barat disebut dengan salad buah ini. Begitu juga dengan Thailand yang memiliki beragam aneka jajanan pasar. Rujak Thailand sedikit berbeda dengan rujak di Indonesia pada umumnya. Perbedaannya terletak pada kuah yang dituangkan diatas buah-buahan segar. Kuah rujak Thailand memakai ebi sebagai penambah rasa, taburan cabai bubuk dan kacang tumbuk sebagai topping.

Selain rujak campuran buah-buahan, juga ada rujak pepaya muda yang biasa disebut salad papaya. Rasanya juga kurang lebih sama dengan rujak buah campur. Biasanya para wanita yang lebih menyukai kuliner ini.

Ice Cream Mochi

Kue asli Jepang ini kini sudah banyak dimodifikasi. Thailand adalah salah satu negara yang mengadopsi mochi dan membuat variasi baru yaitu ice cream mochi. Es krim mochi sendiri merupakan kue mochi yang diisi dengan es krim. Ice cream mochi sangat mudah dijumpai di jalanan Thailand. Tidak hanya di Thailand, es krim mochi kini juga sudah banyak dijumpai di berbagai negara.

Nah, untuk itu jangan lupa untuk mencobanya saat kamu berkunjung atau hanya sekedar transit di bandara Thailand ya karena jajanan diatas juga bisa dijumpai di bandara meskipun dengan harga yang sedikit berbeda. (Sumber: hpw)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top