Kuliner

10 Makanan Jepang Terlezat Yang Wajib Anda Coba

Jepang memiliki ragam masakan unik yang patut kita coba. Dan ketika kita berpikir tentang makanan Jepang, maka kita dapat mencicipi makanan yang menggunakan bahan baku ikan dan nasi. Artikel ini akan membantu Anda untuk memiliki pandangan yang berbeda tentang budaya makanan di Jepang, dan juga akan membantu Anda untuk mengetahui makanan apa yang dapat di coba pada saat Anda duduk di restoran.

Di bawah ini terdapat beberapa pilihan makanan terlezat di Jepang yang dapat anda coba.

1. Sushi dan Sashimi

Sushi sudah menjadi makanan yang terkenal ke seluruh negara. Makanan ini disebut sushi karena untuk setiap bagian dari nasi akan dibumbui dengan beras campuran cuka (dibuat dengan gula dan garam) yang dicampur dengan bahan-bahan yang berbeda seperti ikan, sayuran, nori (rumput laut) dan lain sebagainya. Untuk menikmati makanan ini, anda dapat mengambil potongan sushi dengan sumpit dan celupkan ke dalam kecap atau wasabi, atau keduanya.

Sedangkan Sashimi adalah makanan yang menggunakan bahan baku ikan atau makanan laut yang disajikan dengan wasabi, kecap dan umumnya itu ditambahkan dengan irisan lobak.

2. Ramen

Ramen adalah salah satu pilihan yang paling populer pada saat memilih tempat untuk makan. Ini adalah mie yang disajikan dengan kecap atau sup miso yang dicampur dengan berbagai macam bahan. Yang paling khas adalah irisan daging ayam, bawang, rumput laut, dan telur. Bagian terpenting dari hidangan ini adalah sup.

3. Tempura

Tempura adalah kudapan yang digoreng dengan mencampurkan makanan laut dan sayuran tetapi kita dapat menemukan tempura juga terbuat dari ayam dan ikan, yang dibumbui dengan saus yang dibuat dengan kecap, jahe dan gula. Tempura biasanya disajikan dengan saus Tetsuyu yang terdiri dari, kecap, jahe, lobak dan rempah-rempah.

4. Kare raisu (nasi dengan kari)

Jenis makanan ini juga sangat populer, sederhana dan menjadi hidangan lezat yang dapat kita temukan di Jepang. Kare raisu adalah nasi yang dipadukan dengan kari, dan untuk membuat rasa berbeda dari kari biasanya, maka anda dapat menambahkan daging dan sayuran. Bahan yang diperlukan untuk membuat kare raisu adalah bawang, wortel dan kentang manis, serta daging yang digunakan adalah ayam, daging sapi dan kadang-kadang bebek.

5. Onigiri

Ini adalah makanan yang paling populer di Jepang. Tidak peduli dimana Anda berada, jika Anda lapar, maka Anda dapat membeli onigiri. Onigiri merupakan nasi yang dibumbui dengan berbagai bahan. Bahan – bahan tersebut berupa ayam, sayuran, ikan, daging sapi yang dibungkus dengan rumput laut atau dengan irisan telur. Onigiri dapat anda hidangkan dengan beberapa saus, sayuran, kacang , furikake, dan lain sebagainya. Seperti yang Anda lihat, Anda dapat menemukan berbagai macam rasa untuk semua selera. Anda dapat membelinya di setiap toko, supermarket, dan juga Anda dapat menemukan beberapa toko yang hanya membuat onigiri.

6. Shabu-shabu

Shabu-shabu adalah hidangan berkuah yang sangat digemari orang Jepang. Untuk hidangan ini akan digunakan berbagai jenis daging dan makanan laut, terutama irisan daging yang lembut, yang dipadukan dengan sayuran, tahu, dan kadang-kadang mie.

Cara merebusnya pun terbilang sangat mudah. Anda hanya mengambil sepotong daging (Anda juga dapat memilih beberapa sayuran) dan merendamnya di dalam panci dengan air panas sampai matang dan dapat dikonsumsi. Setelah matang, Anda celupkan dalam saus wijen dengan beberapa nasi sebagai lauk.

7. Sup Miso

Sup miso yang ada di Jepang ini dihidangkan dengan lauk dalam kebanyakan makanan yang dapat anda temui di berbagai restoran. Ini adalah sup yang dibuat dari pasta miso (fermentasi kedelai) dan dashi. Di dalam sup, Anda akan menemukan potongan-potongan tahu, rumput laut, bawang dan kadang-kadang sayuran seperti wortel dan lobak juga dikombinasikan menjadi hidangan lezat yang dapat menahan rasa lapar di perut anda.

8. Udon

Udon adalah Mi tebal yang terbuat dari tepung gandum. Makanan ini biasanya disajikan untuk dikonsumsi dengan kecap asin dan mirin. Udon dapat dimakan dalam keadaan dingin atau panas.

Ini adalah hidangan yang umum untuk pekerja dan mahasiswa ketika mereka memiliki waktu makan siang dan mereka perlu makan sesuatu yang instan.

9. Soba

Soba adalah mie yang dibuat dengan tepung soba yang memberikan warna. Soba juga dikenal sebagai makanan cepat saji di Jepang karena harga yang dijual murah dan populer. Berbeda dengan udon, Soba disajikan sebagai mie tipis yang dapat dimakan pada saat dingin atau panas. Jika anda ingin mengkonsumsi soba, anda dapat pergi ke toko-toko di Jepang yang hanya memasak soba, mungkin dengan beberapa lauk sederhana sebagai tempura.

10. Gyudon

Gyudon adalah semangkuk nasi dengan daging sapi yang dibumbui dengan cream dan rempah-rempah. Tempat yang paling terkenal untuk makan gyudon adalah Sukiya. Selain kesederhanaan, makanan tersebut termasuk hidangan yang sangat lezat dan yang paling penting juga murah. Di kebanyakan tempat, Anda dapat memesan gyudon yang akan dihidangkan dengan salad dan sup miso.

Nah, itulah sekilas mengenai ulasan 10 makanan terlezat yang dapat anda coba sewaktu mengunjungi negara Jepang. Terima kasih.

(Sumber: trp)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top