Kesehatan

Sering Terkejut Ketika Tidur? Inilah Penyebabnya

Pernahkah Anda mengalami tersentak saat tidur atau terkejut karena merasa akan jatuh? Padahal saat itu Anda sedang tertidur lelap bahkan hingga bermimpi. Kira-kira apa ya penyebabnya? Jangan khawatir, kejadian ini tidak berbahaya. Malah bersifat normal dan ini terlihat dari kacamata medis.

Seperti yang dijelaskan dokter Kartika Mayasari di layanan e-Konsultasi Klikdokter,terkejut atau tersentak saat tidur ini dinamakan hypnic jerk. Seperti apa sih hypnic jerk ini? Baca selengkapnya disini ya.

Pengertian Dari Hypnic Jerk

Hypnic Jerk merupakan kejang paksa atau kedutan otot-otot yang benar-benar tersentak saat seseorang terjaga. Ini biasanya terjadi pada tahap awal tidur. Terkejut ketika tidur biasanya disebut juga jerk hypnagogic, jerk mioklonik atau awal tidur.

Orang sering menggambarkannya sebagai sensasi jatuh atau seperti terkena sengatan listrik dan itu adalah umum pengalaman seperti ini benar-benar normal. Gerakan berulang yang membangunkan seseorang pada malam hari biasanya disebabkan oleh kondisi yang berbeda, seperti sindrom kaki gelisah atau periodik gangguan gerakan.

Penyebab dan Faktor Risiko

Hypnic jerk, secara teknis dikenal sebagai mioklonus , paling sering terjadi ketika seseorang sedang tidur dalam posisi yang tidak nyaman atau lelah. The American Academy of Sleep Medicine melaporkan bahwa hingga 70% dari orang mengalamibya ketika mereka tertidur.

Sedikit penelitian telah dilakukan pada subjek, tetapi satu teori menyatakan bahwa itu mungkin hasil dari otot-otot santai. Tubuh mengalami perubahan suhu dan pernapasan serta orang hanyut tertidur dan otak bisa salah menafsirkan ini sebagai tanda jatuh.

Ketika seseorang tidak memiliki cukup tidur atau sedang mencoba untuk tidak jatuh tertidur, kejang paksa mungkin lebih sering terjadi. Para ahli berteori bahwa kurang tidur, stres dan kelelahan dapat berkontribusi pada frekuensi gerakan-gerakan ini. Kafein juga dapat menjadi faktor lainnya, karena itu akan membuat lebih sulit bagi seseorang untuk bersantai.

Pencegahan

Untuk membuat kejang ini kecil kemungkinannya, profesional kesehatan merekomendasikan memastikan kamar tidur nyaman dan santai. Orang-orang harus menghindari minum kafein atau alkohol sebelum tidur dan menghindari aktivitas berat seperti olahraga. Jika kasur sudah tua atau lapuk, Anda bisa membeli yang baru agar Anda bisa merasakan tidur yang lebih nyaman.

Hypnic jerk juga dapat terjadi ketika seseorang bangun, tapi ini masih jarang terjadi. Dalam beberapa kasus, kejang dapat mempengaruhi saraf pendengaran serta otot, dalam sebuah fenomena yang dikenal sebagai awal tidur pendengaran. Ketika ini terjadi, orang tersebut mendengar suara sangat keras atau suara retak yang tampaknya datang dari pusat kepala karena ia bangun. Beberapa orang juga mengalami visual pada saat awal tidur, di mana cahaya menyilaukan dapat membangunkan tidur seseorang, tetapi kasus ini sangat jarang.

Kondisi lain, yang disebut gangguan gerakan tungkai periodik ( PLMD ), ini bisa menyebabkan tidur mengalami berkedut otot sepanjang malam, kadang-kadang menjadi setiap 30 detik atau kurang. Gerakan-gerakan ini biasanya terjadi selama tahap tidur paling ringan, seperti tubuh tidak santai dan sering terbangun ketika tidur atau ada sesuatu yang menyebabkan tidur itu tidak sangat tenang. Penyebab PLMD tidak diketahui dan itu tidak jelas apakah kondisi ini terkait dengan  hypnic jark.

Beberapa kondisi lain juga dapat menyebabkan seseorang untuk bangun tiba-tiba pada malam hari. Sindrom Restless leg (RLS), di mana seseorang mengalami rasa tidak nyaman atau nyeri pada kaki dan memiliki dorongan untuk memindahkan mereka untuk menghilangkan itu adalah suatu kondisi yang relatif umum. Orang dengan sleep apnea juga dapat bangun tiba-tiba ketika mereka berhenti bernapas pada malam hari.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang seseorang yang selalu terkejut ketika tidur. Bagi kalian yang pernah mengalaminya jangan khawatir karena itu tidaklah berbahaya. ( sumber: uk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top