Kesehatan

Ingin Punya Anak Pintar? Coba Deh Beri Makanan Ini

Orang tua mana sih yang tidak bangga kalau anaknya berprestasi? Setiap orang tua pasti ingin punya anak yang sehat dan juga pintar. Namun untuk mencapai tujuan itu, ada usaha yang perlu ayah-bunda lakukan, salah satunya ya dengan memberikan nutrisi terbaik setiap saat.

Dan ternyata, makanan sehat itu tak hanya baik untuk tubuh saja melainkan otak juga. Beberapa jenis makanan terbukti dapat meningkatkan fungsi otak, daya ingat dan konsentrasi buah hati. Penasaran dengan makanan apa saja yang dapat meningkatkan kecerdasan anak? Yuk, kita simak daftarnya berikut ini.

Telur

Telur tak hanya sarat protein, namun bagian kuningnya juga mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk perkembangan daya ingat. Bunda pun bebas mengolah makanan untuk otak yang satu ini, apakah direbus, digoreng dan sebagainya.

Salmon

Ikan yang mengandung lemak seperti salmon misalnya sumber asam omega-3 yang penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Karenanya pastikan buah hati mendapatkan asupan asam lemak tersebut secara rutin, supaya kesehatan mentalnya juga maksimal. Bunda bisa menggunakan salmon untuk menggantikan ikan tuna dalam sandwich dan pastikan kalau roti yang digunakan sehat juga ya bukan roti tawar putih, namun gandum.

Oat/oatmeal

Keduanya merupakan sumber energi tubuh dan otak yang dapat diandalkan. Oat juga diperkaya serat yang bisa membuat anak tetap kenyang sehingga mengurangi risiko anak jajan sembarangan. Lebih dari itu, oat juga kaya vitamin E, B kompleks dan zinc yang dapat memaksimalkan kinerja otak anak. Sedangkan untuk oatmeal, ini bisa jadi makanan pokok yang disandingkan dengan berbagai topping sehat seperti apel, pisang, berry atau almond.

Kacang-kacangan

Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk otak anak yang baik karena mengandung energi tinggi dari protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral. Di antara semua jenis, kacang merah mungkin salah satu yang terbaik karena kandungan asam omega-3-nya lebih banyak. Jadi ayo bun, tambahkan kacang-kacangan dalam sajian salad, sup, spagetti atau lainnya.

Susu dan yogurt

Semua makanan yang kaya vitamin B, penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmiter serta enzim dan produk susu dapat menyediakannya. Tak hanya vitamin B, susu rendah lemak atau yogurt juga sarat protein maupun karbohidrat yang dibutuhkan otak. Dan bukan rahasia lagi kalau susu juga kaya vitamin D, yang mana kebutuhan anak akan nutrisi ini jauh lebih besar ketimbang orang dewasa. Jadi kalau anak suka keju, biarkan ia ngemil keju rendah lemak ketimbang memilih jajanan lain yang kurang sehat.

Berry

Selain mengandung vitamin C dan antioksidan lain, berry juga diperkaya asam omega-3 (di bagian bijinya) yang baik untuk fungsi otak sehingga dapat memperbaiki daya ingat si kecil. Karenanya jadikan strawberry, ceri, blueberry atau blackberry semakin intens warnanya, makin banyak nutrisinya sebagai cemilan atau minuman smoothies yang menyegarkan.

Whole grain

Whole grain atau gandum yang disajikan dalam bentuk roti, kraker, sereal juga mengandung glukosa, sumber energi yang diperlukan otak. Di samping itu, sumber makanan ini juga memuat vitamin B yang penting untuk sistem saraf.

Sayuran

Sayuran yang kaya dan intens warnanya merupakan sumber antioksidan unggul yang dapat membantu menjaga kesehatan sel otak. Beberapa sayuran yang harus dilibatkan dalam menu makan anak antara lain seperti tomat, ubi manis, labu, wortel serta bayam.

Nah buat para bunda, silahkan deh cobain makanan yang sudah disebutkan pada anak Anda. Semoga bermanfaat dan selamat memasak …

Sumber: Mc

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top