Kesehatan

Clodi, Popok Kain Pengganti Pampers Yang Kini Sedang Ngetren

Cloth Diapers atau biasa disingkat Clodi adalah popok bayi dari bahan kain yang lembut, aman dan nyaman digunakan oleh bayi. Menggunakan pampers memang cara yang bisa di bilang efektif untuk dapat meng-handle bayi yang masih pipis dan pup di celana agar pipis dan pupnya tidak berantakan kemana-mana.

Namun, sekarang ini sudah ada perlengkapan bayi yang lebih efektif dari pada pampers, yaitu clodi. Clodi adalah popok yang sama seperti pampers dimana fungi dan segala macamnya pun sangat sama dengan pampers. Yang membedakannya hanya clodi ini bukan popok yang sekali pakai seperti pampers.

Clodi ini adalah popok yang setelah di gunakan dapat di cuci dan dipakai kembali setelah kering. Cara mencucinya pun sangatlah mudah seperti halnya mencuci pakaian seperti biasa, hanya tidak boleh menggunakan pelembut, pewangi dan pemutih.

Tentu dengan menggunakan clodi anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih di bandingkan dengan menggunakan pampers. Sebut saja keuntungan sacara finansial, harga satu buah pampers memang bisa di katakana murah bahkan lebih murah dari harga satu buah clodi. Namun pampers tak dapat di gunakan dalam waktu yang lama, sehari pun kadang sang anak akan menghabiskan lebih dari 4 buah pampers.

Dan jika di hitung berapa banyak pampers yang anak anda gunakan selama sebulan mungkin akan banyak sekali dan biaya yang harus anda keluarkan tentunya juga besar. Nah, jika menggunakan clodi yang memang harga satuannya lebih mahal dari pada pampers namun clodi ini bisa di gunakan dalam waktu yang panjang bahkan bisa bertahun-tahun karena setalah dipakai clodi bisa dicuci dan bisa di gunakan kembali.

Nah, dengan munculnya clodi, popok kain tradisional mulai tergantikan. Clodi adalah popok yang memiliki kantung di bagian belakang atau tengah untuk diisi sumpalan kain penyerap ompol. Bagian dalam clodi terbuat dari bahan lembut (fleece atau microfleece) yang bisa dilalui air namun permukaannya tetap kering. Sementara bahan luarnya terbuat dari bahan waterproof atau minky velour. Soal ukuran bisa disesuaikan karena variasi clodi ada yang memiliki kancing atau velcro (perekat) yang bisa disesuaikan dengan ukuran bayi.

Namun, dengan memilih clodi, para ibu harus menerima konsekuensi lain, yakni cucian yang semakin menumpuk. Kerepotan pun semakin menjadi seiring bertambahnya usia anak, karena feses yang dikeluarkan kian padat. Alhasil, butuh tenaga ekstra untuk mencuci clodi-clodi mereka.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan memakai clodi

Hemat

Alasan utama memilih clodi adalah untuk penghematan. Bila alasannya itu, tepat sekali. Namun karena ingin berhemat, jangan asal memilih merek clodi ya. Karena tentu saja harga menentukan kualitas. Clodi yang kurang bagus kualitasnya, karetnya akan cepat melar dan tentu saja tak bisa dipakai. Jadi, selalu pilih clodi yang berkualitas baik ya.

Ramah di Kulit

Faktor bahan juga sering jadi pilihan Ibu dalam memilih clodi. Tentu saja clodi lebih halus dan nyaman untuk bayi. Tapi ibu juga harus memperhatikan proses pencuciannya. Jika proses pencucian kurang baik, maka sabun yang masih menempel di clodi bisa menyebabkan ruam popok. Nah, padahal awalnya membeli clodi untuk menghindari ruam popok, bukan?

Repot

Untuk urusan yang satu ini, memang clodi membuat cucian menumpuk. Tapi dengan bantuan mesin cuci, ibu bisa mempertimbangkannya. Karena ada clodi yang bisa dicuci dengan mesin cuci tanpa harus merendamnya. Coba ibu teliti lagi aturan pemakaian dan pencuciannya.

Penampilan

Terakhir, menggunakan clodi membuat bayi terlihat lebih besar atau berat karena clodi memang sifatnya berlapis. Clodi yang berkualitas kurang baik juga bisa mengakibatkan bayi berbau pesing hanya dalam hitungan satu jam. Namun sekali lagi, hal ini ditentukan oleh kualitas clodi itu sendiri.

Demikianlah uraian singkat tentang clodi. Apapun keputusan anda, pastikan keputusan itu didasari oleh pertimbangan untuk memberikan yang terbaik kepada anak.

(Sumber: m.c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top