Kesehatan

Berbagai Makanan Sehat Atau Tidak Untuk Tubuh

Makanan olahan yaitu makanan yang di sajikan dengan berbagai macam jenis dan bentuk, hasil bahan dasar alamiah kemudian di olah sedemikian rupa dan manjedikan suatu makanan yang siap saji, itu makanan olahan. Pasti sekarang ini jika Anda berpergian ke pasar atau supermarket tentunya sangat mudah sekali untuk mendapatkannya dan dengan harga yang murah. Namun apakah Anda tahu makanan tersebut sehat untuk tubuh kita atau tidak, berikut di sini kita akan ulas makanan yang sehat dan makanan yang perlu di hindari.

Makanan Apa Saja Yang Sehat Untuk Tubuh?

Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu contoh produk olahan, biasanya minuman ini di olah dengan berbagai macam rupa, dari bahan dasar susu dan akhirnya bisa bermanfaat bagi kesehatan pencernaan tubuh, akan tetapi baiknya sebelum membeli yoghurt, anda perlu melihat dahulu kandungan gula yang tertera pada labelnya, kandungan gula yang baik itu sekitar kurang dari 18 gram perkemasan.

Popcorn

Makanan olahan berikutnya yaitu popcorn, makanan ini menjadi makanan yang favorit sebagai menu cemilan diet. Popcorn atau biasa disebut berondong jagung dan terbuat dari biji gandum sehat yang mengandung nutrisi vitamin, mineral serta protein yang baik untuk tubuh anda. Popcorn biasanya hanya menggunakan biji jagung, garam dan minyak dalam proses pembuatannya sehingga baik untuk dinikmati sebagai cemilan sehat, atau biasannya sebagai cemilan saat anda menonton.

Makanan Olahan Kacang

Kacang yang di olah menjadi selai adalah salah satu makanan olahan  yang baik untuk di konsumsi. Selai kacang yang mengandung vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang sehat bagi tubuh Anda dan tinggi antioksidan dan mengandung zat kalium dan pitosterol yang dapat membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat. Kandungan pada selai kacang ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Gandum

Makanan olahan yang berikutnya yaitu pasta tetapi yang berbahan dasar dari gandum. Memang banyak sekali di temukan pasta instan yang berbahan dasar gandum yang jual di pasaran. Tetapi pasta gandum ini memang baik, jika Anda kombinasikan juga memasaknya dengan bahan-bahan yang segar, di tambah menggunakan kaya protein, vitamin A, dan Vitamin B yang bagi untuk kesehatan tubuh Anda.

Oatmeal

Oatmeal atau havermut adalah sejenis bubur sereal yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung karena mengandung gandum yang sarat karbohidrat. Di dalam oat juga terkandung protein yang menstabilkan otot-otot tubuh dan sumber energi. Konsumsi satu mangkuk oatmeal setiap hari.

Sawi Hijau

Ini merupakan salah satu jenis sayur-sayuran yang sangat baik di konsumsi untuk menjaga organ hati agar dapat berfungsi dengan optimal. Aneka makanan lainnya yang sangat baik untuk menutrisi organ hati yaitu bawah merah serta bawang putih, kubis, kedelai serta anggur merah.

Coklat Hitam

Inilah salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah anda tetap normal. Jadi bagi Anda yang yang takut dengan naik turunnya tekanan darah, mulailah mengkonsumsi coklat hitam.

Ikan Salmon

Makanan sehat lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh adalah ikan salmon. Ikan salmon sendiri merupakan termasuk jenis ikan laut yang kaya akan kandungan protein dan asam amino omega 3. Daging ikan salmon sangat rendah lemak dan kolesterol, sehingga sangat baik untuk di konsumsi oleh anak-anak dan mereka yang menderita penyakit kolesterol.

Ubi

Ubi merupakan salah satu jenis makanan yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian. Ubi sangat banyak akan kandungan serat dan vitamin A, B, C dan E. Selain itu, ubi juga menjadi salah satu makanan yang rendah lemak dan kalori yang cocok untuk menu diet.

Brokoli

Brokoli merupakan makanan sehat yang termasuk jenis sayuran hijau, makanan ini begitu di sukai oleh anak-anak. Ada banyak sekali manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh, di dalamnya terdapat vitamin A, vitamin C, kalsium, Kalium, magnesium, dan juga potassium. Namun dalam memasak brokoli, sebaiknya jangan terlalu matang karena dpat merusak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kacang Merah

Makanan sehat berikutnya yang baik untuk Anda konsumsi sehari-hari adalah kacang merah. Kacang merah memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan lengkap seperti protein, serat, zat besi, fosfor, vitamin dan juga mineral penting yang baik untuk tubuh. Cara mengolah kacang merah ini bisa Anda jadikan sebagai cemilan atau bisa juga untuk membuat sup.

Bayam

Bayam sangat bagus untuk membangun otot karena kaya akan nabati omega 3 dan folat. Sumber vitamin itu, juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan osteoporosis. Folat yang ada dalam bayam bisa melancarkan aliran darah. Bayam bisa dimakan langsung seperti lalapan, disayur, diampur ke dalam pizza atau di jadikan salad.

Wortel

Karotenoid yang terdapat dalam wortel baik untuk menurunkan risiko berbagai serangan kanker serta peradangan seperti asma dan rheumatoid arthritis. Minum jus wortel satu gelas sehari untuk menangkal penyakit-penyakit tersebut.

Blueberry

Blueberry berasal dari Amerika Utara. Mengkonsumsi semangkok buah ini setiap hari bisa membantu mencegah kanker, menyehatkan jantung, mengobati diabetes dan meningkatkan memori otak yang menurun karena pertambahan usia. Sebuah riset menunjukkan, blueberry kaya serat, Vitamin A dan C.

Kenari

Kenari mengandung omega 3 yang lebih banyak di banding ikan salmon. Tidak hanya itu, kenari juga mengandung banyak polyphenol anti-inflamasi di banding minuman anggur merah, yang baik untuk pembentukan otot. Konsumsi 1 ons kenari setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Makanan Apa Yang Tidak Sehat Untuk Tubuh?

Dalam rilis badan kesehatan dunia WHO, tidak semua makanan enak selalu sehat. Beberapa diantaranya cenderung menjadi makanan tidak sehat dan mengancam kesehatan tubuh.

Bacon atau Daging Asap

Bacon atau biasa disebut dengan daging asap merupakan salah satu makanan olahan yang mengandung natrium tingkat tinggi. Tubuh yang menyerap natrium akan menyebabkan darah tinggi

Mie Instan

Yang ketiga yaitu mie instan, makanan olahan ini sangat di gemari setiap orang karena penyajiannya yang instan dan rasanya juga enak. Tapi mie instan ini memiliki kandungan sodium yang melimpah. Selain itu mie instan tidak mengandung banyak nutrisi yang ada di dalamnya, malah justru akan menimbulkan masalah kesehatan menjadi buruk. Seperti tekanan darah tinggi bahkan sampai berujung ke stroke.

Margarin

Margarin salah satu makanan olahan yang menjadi alternatif penggantinya mentega. Namun perlu Anda ketahui margarin memiliki kandungan lemak trans. Akan akan menimbulkan kolesterol jahat, dan menimbulkan kemungkinan penyakit jantung.

Gorengan

Kandungan kalori pada gorengan (apapun jenisnya) terbilang tinggi. Begitu juga dengan kandungan lemak dan oksidan, keduanya terbilang tinggi. Gorengan dapat menjadi makanan tidak sehat apabila di konsumsi secara sering karena dapat menyebabkan obesitas, memicu hyperlipitdema dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung koroner. Beberapa survey yang di lakukan para ahli membuktikan bahwa orang yang rajin makan gorengan memiliki kecenderungan terkena penyakit kanker lebih besar dari pada yang meninggalkan makan gorengan atau makan gorengan secara jarang-jarang.

Makanan Kalengan

Secara fisik, makanan kalengan (daging kalengan atau buah kalengan) terlihat lebih menarik dan mengundang hasrat untuk makan. Namun tahukah kita bahwa makanan kalengan adalah salah satu di antara beberapa makanan tidak sehat. Makanan kalengan tidak memiliki gizi memadai seperti ketika masih belum di kaleng. Nilai gizinya sudah berkurang sangat drastis. Kandungan vitamin dan protein makan kalengan kebanyakan sudah rusak saat proses pengalengan itu dilakukan.

Untuk buah kalengan selain rusaknya kadar vitamin, buah kalengan memiliki kadar gula tinggi yang sudah berbentuk cairan. Ketika masuk dalam tubuh, cairan ini akan mudah terserap sehingga secara cepat akan meningkatkan kadar gula tubuh yang memicu penyakit diabetes, beban pankreas semakin berat.

Makanan yang Dipanggang atau Dibakar

Kelezatan makanan panggang atau bakar seperti aneka sate dan aneka ikan bakar memang tidak di ragukan lagi. Apalagi jika perut dalam keadaan lapar, tentu akan lebih terasa lagi nikmatnya.

Ternyata di balik nikmatnya makanan panggang atau bakar, tersembunyi bahaya yang selalu mengintai. Makanan enak ini termasuk makanan tidak sehat. Saat proses pembakaran langsung di atas arang, lemak dari daging yang dibakar akan menetes pada arang yang membara. Lemak yang terbakar tersebut menimbulkan suatu zat yang dinamakan zat karsinogen.

Dalam dunia kesehatan zat karsinogen terkenal sebagai zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker atau meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

Manisan Kering

Manisan kering cenderung mengandung garam tinggi yang mengakibatkan meningkatnya tekanan darah serta memperberat kinerja ginjal.

Makanan Manis Beku

Kebanyakan orang hanya beranggapan bahwa menyimpan makanan manis seperti es krim, cake mentega, coklat manis dan lainnya dalam lemari es hingga membeku akan membuat makanan awet, tidak cepat basi, dan tetap sehat dikonsumsi.

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Makanan-makanan manis seperti contoh diatas adalah makanan tidak sehat karena tetap mengandung kalori tinggi yang dapat memicu kegemukan sekalipun telah disimpan sampai membeku. Kadar gula dalam makanan tersebut juga tidak berkurang, tetap tinggi dan dapat membuat nafsu makan berkurang.

Daging Olahan

Di dalamnya meliputi ham, sosis, dan lain-lain. Daging Olahan menjadi makanan tidak sehat dikarenakan bahan tambahan pada saat proses pengolahan dilakukan. Penambahan bahan pengawet dan pewarna pada makanan ini menambah beban hati menjadi semakin berat. Makanan – makanan ini juga mengandung amonium nitrit yang menjadi salah satu penyebab kanker. Mengkonsumsinya secara sering dan dalam jumlah banyak menjadikan tekanan darah kurang stabil dan kinerja ginjal terganggu.

Makanan Asinan

Seperti halnya buah kalengan yang memiliki kadar gula tinggi, makanan asinan juga termasuk makanan tidak sehat karena mengandung kadar garam tinggi. Hal itu terjadi karena pada saat proses pengasinan dibutuhkan tambahan garam dalam jumlah sangat banyak.

Makanan yang memiliki kadar garam melebihi batas normal akan menambah beban salah satu organ dalam tubuh yaitu ginjal. Juga dapat merusak usus dan selaput lendir pada lambung. Makanan asinan juga rentan memicu hipertensi atau penyakit darah tinggi.

Selain itu makanan asinan juga dapat meningkatkan bahaya penyakit kanker tenggorokan dan hidung dikarenakan proses pengasinan makanan hampir selalu menambahkan bahan amonium nitrit.

Sumber: IK. SH.DW.SN.SH

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top