Kesehatan

3 Faktor Penyebab Kelelahan Beserta Tips Pencegahannya

Apakah Anda sering bertanya pada diri sendiri, “Mengapa saya begitu lelah sepanjang waktu?”. Lelah merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap manusia setelah selesai bekerja. Apakah itu pekerjaan yang menggunakan pikiran maupun otot, itu semua dapat menyebabkan anda lelah. Namun perlu anda ketahui, lelah juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada sekitar 15,3 persen perempuan dan 10.1 persen pria sering mengalami kelelahan di Amerika Serikat.

Kelelahan dapat menyebabkan berbagai masalah. Itu telah menyebabkan banyak kecelakaan dan cedera setiap tahunnya dikarenakan hasil dari pengemudi yang mengantuk. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

1. Kurang tidur

Kurangnya tidur mungkin tampak jelas sebagai alasan utama yang membuat seseorang merasa lelah. Orang-orang yang berusia antara 18 hingga 60 tahun membutuhkan 7 atau lebih jam tidur setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh yang optimal.

Disamping itu, tidur dengan waktu yang direkomendasikan tidak hanya terkait dengan kelelahan, itu juga dapat menimbulkan gangguan kinerja, dan risiko kesehatan yang lebih besar. Ini termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, depresi, penyakit jantung, stroke, dan peningkatan risiko kematian.

Jika anda ingin mendapatkan cukup tidur selama 7 jam, berikut terdapat beberapa tips untuk membantu anda mendapatkan tidur yang cukup:

– Mempertahankan rutin tidur secara konsisten. Dalam hal ini, anda dapat mencoba untuk pergi tidur pada saat yang sama di malam hari dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi.

– Hindari tidur siang. Kita perlu sejumlah tidur dalam periode 24 jam dan tidak lebih dari itu. Kurangnya waktu tidur yang kita butuhkan, itu akan menyebabkan kesulitan tidur.

– Batasi waktu terjaga di tempat tidur selama 5 hingga 10 menit. Jika Anda menemukan bahwa anda tetap terbangun dari tempat tidur dikarenakan pikiran anda merasa gelisah, maka anda dapat mengambil waktu selama 5 hingga 10 menit untuk duduk sampai anda merasa mengantuk.

– Memastikan bahwa kamar tidur Anda tenang, dan memiliki suhu yang nyaman. Setiap cahaya yang masuk ke kamar anda dapat mengganggu tidur anda. Selain itu, suhu ruangan yang terasa dingin dianggap lebih baik untuk membuat anda tertidur daripada suhu panas.

– Membatasi minuman berkafein. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein setelah tengah hari. Efek kafein dapat menyebabkan masalah tidur.

– Menghindari rokok dan alkohol sebelum tidur. Merokok dan minum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan tidur anda tidak nyenyak.

2. Diet yang tidak teratur

Cara termudah untuk mengusir kelelahan adalah untuk membuat penyesuaian melalui diet yang dilakukan. Dengan meningkatkan kesehatan melalui pengkonsumsian nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda, maka itu dapat menghilangkan kelelahan.

Anda dapat merubah gaya makan anda dengan menerapkan beberapa perubahan kecil di bawah ini:

– Isi setengah dari piring Anda dengan buah dan sayuran. Pastikan untuk fokus pada makan buah-buahan dan sayuran.
– Beralih ke susu rendah lemak dan bebas lemak untuk membantu membatasi kalori dari lemak jenuh.
– Mengurangi gula. Gula memang dapat memberi anda energi, tapi itu juga dapat membuat anda merasa lelah. Hindari makanan dan minuman yang memiliki banyak kandungan gula.
– Minum cukup air. Air minum dapat membantu untuk mencegah dehidrasi yang mengakibatkan kelelahan.

3. Stres yang berlebihan

Banyak situasi dapat menyebabkan stres. Baik itu masalah kerja, masalah keuangan, masalah hubungan, peristiwa-peristiwa besar dalam hidup, dan pengangguran, itu semua dapat menimbulkan stres yang tidak akan pernah berakhir.

Stres yang berlebihan dan berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan fisik dan emosional dan menyebabkan penyakit.

Stres membuat tubuh Anda menghasilkan lebih banyak bahan kimia yang dirancang untuk mempersiapkan tubuh Anda dalam keadaan darurat.

Dalam situasi seperti lingkungan kantor, anda tidak dapat melarikan diri atau melawan bahan kimia yang telah dihasilkan tubuh anda

Jika tekanan yang Anda hadapi adalah membuat Anda merasa lelah atau membuat anda sakit kepala, migrain, atau otot tegang, maka anda dapat mencoba beberapa tips ini.

– Mengidentifikasi masalah yang menyebabkan stres. Anda harus mengenali apa masalah yang menyebabkan diri anda menjadi stres.
– Membuat jurnal untuk mengidentifikasi pola-pola pemecahan masalah.
– Melihat situasi dengan cara yang berbeda. Cobalah untuk melihat situasi stres dalam pandangan yang lebih positif. Misalnya, jika anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas, maka anda dapat melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk memiliki beberapa waktu sendirian dan melakukan kegiatan lain di dalam mobil.
– Menerima hal-hal yang anda tidak mampu ubah. Beberapa sumber stres, seperti penyakit atau kematian orang yang dicintai itu memang tidak dapat dihindari. Sering kali, cara terbaik untuk mengatasi stres adalah untuk mencoba dan menerima hal-hal yang tidak dapat kita ubah.
– Belajar untuk mengampuni. Kita semua merupakan manusia yang sering melakukan kesalahan. Melepaskan kemarahan, kebencian, dan energi negatif dengan memaafkan teman, keluarga, dan rekan-rekan, maka itu akan menghilangkan stres yang anda alami.
– Jika Anda merasa stres, maka anda dapat pergi untuk berjalan-jalan dengan membawa anjing Anda keluar, atau bahkan mendengarkan beberapa musik dan mengikuti pertunjukan tari.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa faktor yang dapat menyebabkan kelelahan beserta tips pencegahannya. Sekian dan terima kasih.

(Sumber: mn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top