Games

Pac Man, Game Legendaris Dari Bandai Namco

Game Pacman muncul pertama kali di mesin arcade pada tahun 1979 di Jepang dengan judul Puck Man, yang berasal dari PakuPaku (Bahasa Jepang) yang berarti tindakan membuka dan menutup mulut. Game ini dibuat oleh Tohru Iwanati untuk perusahaan Jepang Namco, dirilis secara resmi pada 22 Mei 1980 di Jepang dan mencapai kesuksesan dengan 100.000 unit terjual pada tahun itu.

Pac-Man adalah sebuah permainan arkade yang dikembangkan Namco dan diterbitkan Midway; dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Awalnya dirilis di arkade saja, Pac-Man yang masih populer hingga kini telah dirilis pula dalam platform lainnya seperti Game Boy dan SNES. Perancang permainan ini adalah Toru Iwatani, yang merupakan karyawan Namco.

Pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil “memakan” titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat “hantu” yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man. Sang pemain dapat menyelesaikan satu level (tingkat) jika berhasil memakan seluruh titik dan benda khusus. Secara teori, permainan dapat terus berlanjut tanpa batasan tingkat, namun tingkat ke-256 memiliki bug yang menyebabkan gambar di layar tidak beraturan dan karena itu Pac-Man tidak dapat terus dimainkan melewati tingkat tersebut.

Pac-Man kini dianggap sebagai salah satu permainan video klasik serta merupakan salah satu ikon tahun 1980-an. Salah satu alasan kesuksesannya adalah bentuk permainannya yang dapat digemari baik pria maupun wanita dibandingkan dengan permainan arkade lainnya sebelum Pac-Man seperti Space Invaders dan Defender yang merupakan permainan tembak-tembakan.

Permainan ini dikembangkan terutama oleh karyawan Namco muda Toru Iwatani, lebih dari setahun, dimulai pada bulan April 1979, menggunakan tim sembilan orang. Judul asli diucapkan pakku dan terinspirasi oleh ungkapan taberu onomatopoeic Jepang paku-paku, dimana paku-paku menjelaskan (suara) gerakan mulut ketika luas terbuka dan kemudian ditutup berturut-turut. Meskipun sering dikutip yang membentuk karakter yang terinspirasi oleh pizza hilang sepotong, dia mengakui dalam wawancara 1986 bahwa itu adalah setengah kebenaran dan desain karakter juga datang dari menyederhanakan dan pembulatan keluar karakter bahasa Jepang untuk mulut, kuchi serta sebagai konsep dasar makan. Iwatani upaya untuk menarik yang lebih luas penonton-di luar demografi khas anak muda dan remaja-akhirnya menyebabkan dia untuk menambahkan elemen dari labirin. Hasilnya adalah permainan yang bernama Puck Man.

Ketika pertama kali diluncurkan di Jepang oleh Namco pada tahun 1980, permainan menerima tanggapan hangat, seperti Space Invaders dan permainan sejenis lainnya yang lebih populer pada saat itu. Kemudian tahun itu, permainan diangkat untuk pembuatan di Amerika Serikat oleh divisi Bally Midway, di bawah judul Pac Man berubah.

Amerika penonton menyambut pecahan dari konvensi yang ditetapkan oleh Space Invaders, yang mengakibatkan popularitas belum pernah terjadi sebelumnya dan pendapatan yang disaingi pendahulunya yang sukses, bahkan Iwatani terkesan dengan penjualan di AS. Permainan ini segera menjadi fenomena di seluruh dunia dalam industri video game, menghasilkan banyak sekuel dan merchandising dasi-in. kesuksesan Pac-Man’s dibesarkan imitasi, dan seluruh genre video game labirin-mengejar segera muncul.

Desain permainan game yang unik penerbit terinspirasi untuk menjadi inovatif daripada konservatif, dan mendorong mereka untuk berspekulasi pada desain game yang pecah dari genre yang ada. Pac-Man memperkenalkan unsur humor dalam permainan video yang desainer berusaha untuk meniru dan meminta demografis yang lebih luas daripada anak laki-laki remaja yang berkumpul di game action-oriented.

Permainannya adalah menumpuk balok untuk dimakan oleh karakter. Kemudian flop baru di tahun 1994, PacMan 2, yang merupakan hasil PacMan, dengan gameplay yang sangat terbatas. Tahun 1995 menjadi tahun perilisan Pac-in-time, pada game platform Gameboy. Kita harus mengumpulkan pelet yang cukup untuk menaikkan level.

Seri PacMan World yang paling menonjol, dirilis pada tahun 2001 di Playstation. MS Pac Man Maze Madness dan PacMan Fever juga muncul pada tahun yang sama di Playstation. Pada tahun 2002, Pac Man World 2 dirilis di Gamecube dan Playstation 2, game platform 3D yang sangat bagus, namun prinsipnya tetap tidak berubah, yang memberi aspek berulang pada arena yang mengelilingi karakter gamer,

Pada tahun 2005, Pac-Pix dan Pac’n’roll dirilis untuk Nintendo DS. Di mana game ini menggunakan 2 layar atas dan bawah sesuai dengan perangkat Nintendo DS. Akhirnya, PacMan Party dirilis pada tahun 2010 di Wii dan terdiri dari 50 game mini arcade, untuk merayakan 30 tahun Pacman.

PacMan adalah salah satu game tersukses sepanjang masa. Berbagai fakta unik PacMan pastinya lo belom tau gengs. Yuk, kita lihat fakta-fakta unik game ding-dong paling eksis sepanjang masa ini.

  • PacMan pertama keluar di tahun 1980. Penciptanya adalah bapak Toru Iwatami. Beliau menciptakan PacMan untuk mengajak kaum hawa main ding-dong. Dengan karakter lucu dan suara unik, beliau berharap para wanita tertarik untuk mencoba main ke arena ding-dong pada masa itu.
  • PacMan tercipta secara tidak sengaja. Bapak Toru Iwatami sedang memezan pizza untuk makan siang. Saat pizza datang doi ambil satu slice, sembari merenung doi melihat sisa pizza makan siangnya. Dan, boom terciptalah ide doi untuk membuat karakter PacMan.
  • Di tahun 1980 PacMan dikenalkan ke pasar Amerika. Ding-dong PacMan berhasil terjual sebanyak 100.000 unit dalam 1 tahun saja.
  • PacMan pernah jadi lambang laman Google. Kamu bisa memainkan PacMan saat sedang browsing di Google. Dan kala itu PacMan doodle berhasil meraih 5 juta jam dimainkan orang di seluruh dunia.
  • PacMan memegang satu rekor dunia dan mencatatkan sejarah di Guiness World of Record sebagai game koin paling laris sepanjang masa.
  • Sekarang dunia industri game sedang berkabung. Salah satu pencipta PacMan telah tutup usia pada tanggal 22 januari kemarin. Masaya Nakamura selaku penemu Namco telah menghembuskan nafas terakhir di usia ke 91.

Bagi Anda yang ingin memainkannya, cukup mudah buka halaman pencarian google kemudian ketik “pac man”. Maka Anda langsung bisa memainkannya dengan bantuan keyboard. Ataupun jika ingin install di perangkat Android.

(Sumber: d.c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top