Games

Deretan Game Yang Memerlukan Memori Penyimpanan Yang Besar

Game merupakan sarana hiburan yang saat ini banyak diproduksi oleh berbagai developer game di dunia, dengan size file game yang berbeda-beda.

Beberapa game memiliki kapasitas yang kecil dan ada juga yang sangat besar, yang bahkan bisa menghabiskan memori penyimpanan atau harddisk anda.

Ada beberapa alasan mengapa para developer membuat game dengan ukuran file yang besar ini, yang salah satunya adalah agar grafik yang ditampilkan lebih tajam dan dapat membuat map yang sangat luas.

Keinginan untuk memiliki banyak karakter di dalam game tersebut juga menjadi alasan mengapa game tertentu memiliki ukuran file yang sangat besar, atau karena engine yang tidak dapat mengkompressi ukuran file.

Juatru karena hal-hal seperti itulah yang membuat para gamer menjadi lebih seru dalam bermain. Akan tetapi, yang menjadi masalahnya adalah kapasitas harddisk yang sangat besar tentu akan menghabiskan banyak space untuk menyimpan file yang lainnya.

Game dengan kapasitas paling besar yang ada saat ini adalah X-plane 10 dengan kapasitas sebesar 80 GB. Selain itu ada beberapa game lainnya, yang juga memiliki kapasitas yang juga tak kalah besar, seperti yang berikut ini.

1. Star Wars: The Old Republic – MMORPG (19,8 GB)

Game ini merupakan hasil karya produsen kawakan pada bidang Role Playing Game, yaitu Bioware. Kemampuan yang dimiliki oleh Bioware untuk membuat game RPG berkualitas bisa anda lihat di berbagai karyanya, seperti Mass Effect dan Dragon Age.

Perusahaan ini juga pernah membuat RPG bertema Star Wars, yaitu Star Wars Knight of The Old Republic. Pengalaman tersebut sebagian dituangkan untuk membuat Star Wars The Old Republic.

Anda akan menemukan nuansa permainan RPG single player di dlam permainan ini, dimana penuturan cerita diwakili cutscene, aktor suara yang meyakinkan dan beragam pilihan reaksi karakter.

Konsep permainan yang unik untuk sebuah MMO yang biasanya tidak memperdulikan cerita tersebut harus diakui bisa menyegarkan pengalaman bermain.

Semua quest yang akan anda jalankan akan dituturkan melalui cutscene beserta pengisi suara yang berkualitas tinggi.

Quest tersebut juga akan menjadi lebih berarti, karena ada cerita di balik semuanya, misalkan perintah untuk membunuh makhluk A, yang menteror perkampungan B akibat campur tangan mantan Jedi yang tergoda oleh sisi gelap (dark side/Sith).

2. Total War: Shogun 2 – RTS (20,2 GB)

Tujuan utama dalam memainkan game ini adalah menjadikan Daimyo yang anda kendalikan menjadi Shogun. Posisi Shogun sebagai pemimpin semua kekuatan tempur kekaisaran Jepang ini merupakan sesuatu yang diimpikan oleh semua Daimyo.

Karena posisi tertinggi dari Shogun adalah Kaisar Jepang dan bisa disamakan dengan dewa, maka bisa dibilang kalau Shogun adalah posisi yang tertinggi untuk manusia di Jepang saat itu. Hal itu yang menjadikan posisi Shogun selalu terancam pertempuran dan pembunuhan.

3. Ghost Recon: Future Soldier – Shooter (25 GB)

Game ini menceritakan tentang konflik yang dimulai ketika anda memerankan salah satu anggota tim Predator, yang akhirnya harus tewas selama bertugas di Nikaragua karena ledakan bom yang masif.

Amerika Serikat tentu saja tidak tinggal diam menerima serangan seperti ini. Tujuan utamanya adalah mencari pihak yang bertanggung jawab atas peledakan bom tersebut, serta memutus jalur distribusi senjata illegal yang berkembang di belakangnya.

Proses investigasi ini ternyata membawa anda ke dalam konspirasi yang jauh lebih dalam.

4. Rage – Shooter (25 GB)

Game ini merupakan game First Person Shooter dengan tambahan fitur yang menarik. Anda akan bermain sebagaimana layaknya game shooter biasa, yaitu melawan musuh dalam real time, mencari peluru dan berusaha agat tidak mati.

Untuk membuat permainan menjadi lebih menarik, Rage juga menambahkan kendaraan, kemampuan untuk mengupgrade senjata, membuat perlengkapan yang dapat digunakan dalam pertempuranm dan mengambil misi.

5. Tera – MMORPG (25 GB)

Tera merupakan game MMORPG Free to Play, dimana pemain bisa mengkontrol pertarungan karakternya. Tidak seperti MMORPG lainnya yang kebanyakan menggunakan Auto Attack dan Tab Targeting.

Tera membiarkan player nya untuk mentargetkan sihir dan serangannya secara manual. Tera mempunyai tampilan Graphic yang sangat mengesankan, sangat mendetail, memiliki fitur Dungeon, PVP, Guild dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Age of Conan (26 GB)

Game ini adalah game 3D Fantasy Free to Play MMORPG. Playernya akan memasuki Hyboria dengan ribuan teman dan musuh untuk bertahan hidup, saling bertarung dan mengeksplorasi Dunia.

Di dalam game ini, anda akan mengontrol semua serangan atau magic/skill karakter anda serangan demi serangan (tidak Auto Attack).

7. Star Wars: The Force Unleashed Ultimate Sith Edition – Action (30 GB)

Game action RPG yang satu ini menceritakan tentang perjalanan seorang murid rahasia dari Sith Lord yaitu Darth Vader.

Dikenal dengan nama sandinya yaitu StarKiller, anda akan berpetualang ke berbagai tempat di bawah perintah Darth Vader, dimana keputusan anda akan menentukan apakah anda akan berada di jalur Jedi atau Sith

8. The Secret World – MMORPG (30,8 GB)

The Secret World adalah game yang bergenre MMORPG, dimana di dalam game tersebut anda akan bermain sebagai orang yang memiliki kekuatan Supernatural, yang berdedikasi untuk menyelesaikan permasalahan bencana di Dunia.

9. Max Payne 3 – Action (35 GB)

Rockstar memperkenalkan seri terbarunya, yaitu Max Payne 3, yang mengambil sebuah konsep yang berbeda dibandingkan dengan seri-seri Max Payne sebelumnya.

Lewat trailer dan screenshot yang dirilis sepanjang tahun 2011 yang lalu, Max Payne 3 memang meninggalkan kesan yang kuat sebagai sebuah game yang “berbeda”.

Oleh karena itu, game ini berpotensi menjadi sebuah seri yang mungkin akan dibenci oleh para penggemar setia Max Payne selama ini.

10. X-Plane 9 – Flight Simulator (70 GB)

Game pesawat ini berbeda drastis dengan versi sebelumnya. Penginstalan game ini bisa mencapai 6 DVD dan penginstalan memakan waktu kurang lebih 5 jam menurut orang-orang yang pernah menginstallnya.

11. X-Plane 10 -Flight Simulator (80 GB)

X-Plane 10 Flight Simulator merupakan game dengan kapasitas terbesar yaitu memiliki ukuran 80 GB. Game ini memiliki lisensi resmi penerbangan di seluruh dunia termasuk NASA.

Alasan mengapa game ini membutuhkan kapasitas yang sangat besar adalah karena detail panel kontrol pada pesawat dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Itulah tadi kesebelas contoh game atau permainan yang membutuhkan memori penyimpanan yang sangat besar. Bagaimana menurut anda? 

Adakah diantaranya yang membuat anda tertarik untuk melakukan penginstalan salah satu dari game-game di atas? Kalau ada, game manakah yang akan anda instal dan mainkan?

Jawaban anda pasti sangat beragam satu sama lain. Benar nggak? Tapi apapun yang menjadi pilihan anda, jangan lupa ya untuk memastikan kalau memori anda benar-benar cukup untuk menginstal dan menyimpan game tersebut.

Jangan sampai, baru setengah perjalanan, instalan anda harus berhenti atau gagal hanya karena memori tidak mencukupi. Anda pasti akan merasa sangat kesal kalau hal tersebut sampai terjadi.

Sumber: EC

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top